PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA KEGIATAN SEHARI-HARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDS ANGKASA SURABAYA

  • Dian - Nur'aini

Abstract

Abstrak: Media cerita bergambar  adalah salah satu media yang paling cocok digunakan dalam pembelajaran tema kegiatan sehari-hari di kelas rendah karena siswa akan lebih mudah memahami konsep dari tema tersebut. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung,  meningkatkan hasil belajar siswa setelah memanfaatkan media cerita bergambar dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan PKn dengan tema kegiatan sehari-hari yang memanfaatkan media cerita bergambar dan menerapkan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Metode pengambilan data yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif dan  kuantitatif.  Hasil pelaksanaan pada siklus I adalah persentase aktivitas guru sebesar 73,1% dengan rata-rata 2,9 (kategori “baik”), aktivitas siswa sebesar 71,25% dengan rata-rata 2,85 (kategori “baik”), ketuntasan hasil belajar siswa tentang pemahaman IPS sebesar 53,85% dan ketuntasan pemahaman PKn sebesar 38,46%. Sedangkan hasil pelaksanaan pada siklus II adalah persentase aktivitas guru meningkat menjadi 98,1% dengan rata-rata 3,9 (kategori “sangat baik”), aktivitas siswa meningkat menjadi 88,75% dengan rata-rata 3,6 (kategori “sangat baik”) dan ketuntasan hasil belajar siswa tentang pemahaman IPS dan PKn masing-masing meningkat menjadi 100%.

Kata Kunci: Media cerita bergambar, Pembelajaran tematik dan Hasil belajar.

 

 

Abstract: Illustrated stories media is considered as the most appropriate one to be applied in learning of oneself theme in the low class in order to make them understand the concept of the theme easier. The goal that the writer want to reach is improving the teacher and student activities during the learning process, increasing student learning result after using illustrated stories media, and describing the obstacles which occur during the learning process. The writer uses Class Action Research. This research aims to correct teacher ethics in order they can increase the student learning result in social studies and civics education for daily activities theme which uses illustrated stories media and direct instruction method. The method of data collection that the writer uses is quantitative and qualitative descriptive. The implementation results in cycle I are teacher activity percentage 73,1% with average score 3 (category “good”),  student activity 71,25% with average score 2.85 (good), the complete result of student learning about social studies understanding 53.85% and civics education understanding 38.46%. Then, in cycle II is about the increasing percentage of teacher activity which becomes 98,1% with average score 3.9 (very good), student activity 88.75% with average score 3.6 (very good), and each completeness of student learning result in social studies and civics education understanding 100%.

Key word: illustrated stories media, Learning by theme, and Learning result.

Author Biography

Dian - Nur'aini
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 571
PDF Downloads: 162