PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKAT HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

  • Dini - Yuliastanti

Abstract

Abstrak: Pembelajaran tematik adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Banyak sekali metode yang digunakan untuk mengajar .Salah satu metode pembelajaran menyenangkan yaitu model pembelajaran Picture and Picture. Model pembelajaran Picture and Picture merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture and Picture, hasil belajar Bahasa Indonesia, dan kendala-kendala yang muncul selama pembelajaran serta solusinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari tiga tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture berlangsung dengan baik. Pada siklus 1 aktivitas guru mencapai 75,76% dan siklus II sebesar 85,76% mengalami peningkatan sebesar 10%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 76,25% dan siklus II 90% mengalami peningkatan 13,75%. Nilai pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I mencapai 73,03 dengan ketuntasan klasikal 75% dan pada siklus II mendapatkan  nilai Bahasa Indonesia 87,08 dengan ketuntasan klasikal 91,66%. Kendala- kendala yang dihadapi, dalam siklus I maupun siklus II dapat teratasi dengan baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas III di SDN Drancang Gresik serta memberikan nuansa belajar yang menyenangkan dan membuat siswa aktif, antusias dan bersemangat dalam belajar.

Kata kunci: Tematik, Picture and Picture, hasil belajar Bahasa Indonesia

 

Abstract: Thematic learning is an integrated learning model which used theme to connect some subjects so that could give the meaningful experience for the student.There are lot of methods can be used to teach learning. One of the entertaining learning model  is Picture and Picture learning model. Picture and picture learning model is learning model used the picture as learning media .The purpose of this research is to describe the implementation of learning by using the Picture and Picture learning model, the Indonesian language learning result, and the problems that appear in the learning process and the solutions. This research used the plan of the class action research (CAR), that do in two cycle, and there is three steps in each. The analysis result indicated that the implementation Picture and Picture learning model is going well. In first cycle the teacher activity reach 75,76% and the second cycle up to 85,76%, it increased 10%. The students activity in first cycle is 76,25% and the second cycle is 90%, it increased 13,75%. The implementation of Indonesian language learning score in first cycle reach 73,03 with the classical completeness 75% and in second cycle get 87,08 score with the classical completeness 91,66%. The problems in both of those cycles can be overcome well. From these results it can be concluded that by applying Picture and Picture learning model can increase result learning of environment themes in third grade of Drancang Gresik  State Elementary School and give new innovation of a fun learning and making students and active to learn.

Keywords: Thematic, Picture and Picture, the result of bahasa Indonesia learning

Author Biography

Dini - Yuliastanti
Jurusan S1=-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 757
PDF Downloads: 1224