PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

  • Dyoty Auliya Vildaghasya

Abstract

Abstrak: Hakikatnya mata pelajaran IPAdapat dipandang dari segi produk, proses, dan pengembangan sikap.Berdasarkan hasil tes penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA masih rendah dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru kurang variatif.Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)pada pembelajaran IPA.Penelitian inibertujuan untuk mengetahui aktifitas guru, mengetahui aktifitas siswa, mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa kelas V pada mata pelajaran IPA, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada mata pelajaran IPA, dan mengetahui respons siswa kelas V pada penggunaan Model Pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metodequasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest and posttest design.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket.Aktivitas guru, aktivitas siswa dan angket respon siswa dianalisis dalam bentuk persentase berdasarkan pengamatan setiap aspek indikator yang telah ditetapkan. Sedangkan data hasil nilai pretes-postes penguasaan konsep dan nilai pretes-postes kemampuan berpikir kreatif  dianalisisdengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada proses kegiatan belajar mengajar menggunakan Model Pembelajaran ARIAS sudah terlaksana dengan baik. Aktivitas siswa pada saat mengikuti proses kegiatan pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran ARIAS menunjukkan kemajuan yang baik. Uji beda nilai pretes dan postes penguasaan konsep ditemukan nilai thitung 14.442 > ttabel 2.04. Uji beda nilai pretes dan postes kemampuan berpikir kreatif ditemukan nilai thitung 18.777 > ttabel 2.04. Siswa kelas V SDN 2 Jenangan memberikan respon yang baik terhadap penggunaan Model Pembelajaran ARIAS.

Kata kunci: Model Pembelajaran ARIAS, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract: In essence learning science subject can be viewed in terms of products, processes, and development attitude. Based on the results of tests concept mastery and creative thinking skills in science subject is still low. This is because the model of learning that teachers use less varied.. Therefore, researchertrying to use the ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessmen, Satisfaction ) Learning Model in science subject. The purposes of this research are to know the activity of teacher, to know the activity of students, to knowthe increasingofconcept masteryfifth grade students in science subjects, to know the increasing of creative thinking skill fifth grade students on the science subject, and to know the responses fifth grade students to use ARIAS Learning Model in science subject.This research used quasi experiment type. This method used to know the effect of treatment on the subject of the research. The research design used one group pretest and posttest design.To collect the data, this research using tests, observation and questionnaires. Teacher activity, students activity and students questionnaire responses were analyzed as a percentage based on the observation that every aspect of the indicator has been set. While the result of data pretest-posttest concept mastery  and pretest-posttest creative thinking skill were analyzed by paired t-test. The results showed that the activity of the teacher in the learning process using ARIAS Learning Model has been implemented well. The activity of the students showed good progress. T test ​​pretest and posttest of concept mastery was tarithmetic 14.442 > ttable 2.04. T test pretest and posttest of ​​creative thinking skill was tarithmetic 18.777 >ttable 2.04. Fifth grade students of State Elementary School 2 Jenangan Ponorogo gove a good responses to the use of ARIAS Learning Model.

Keywords: ARIAS Learning Model, Concept mastery, Creative Thinking Skill

 

Author Biography

Dyoty Auliya Vildaghasya
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 128
PDF Downloads: 120