MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BERSUSUN PANJANG MENGGUNAKAN MEDIA SEDOTAN BAGI SISWA KELAS IV SDN WONOKUSUMO IX/595 SURABAYA

  • Eka - Sunarsih

Abstract

 

Abstrak: Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini mungkin dikarenakan guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran operasi hitung pembagian bersusun panjang. Dalam hal ini, guru berperan aktif menjelaskan materi tanpa menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, murid dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran matematika dengan menggunakan media sedotan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah 40 siswa kelas empat yang terdiri dari 23 anak laki-laki dan 17 anak perempuan di SDN Wonokusumo IX/595 Surabaya. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis dapat menggunakan deskriptif kuantitatif. Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 75% dan siklus II aktivitas guru mencapai 84,2%. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 66,1% dan siklus II aktivitas siswa mencapai 91,1%. Data hasil tes siswa pada siklus I mencapai 67,5% dan siklus II mencapai 92,57%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran operasi hitung pembagian bersusun panjang dengan menggunakan media sedotan pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Wonokusumo IX/595 Surabaya berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai guru.

Kata Kunci: Hasil belajar siswa, operasi hitung pembagian bersusun panjang, media sedotan.

 

 

Abstract: The background of this study was to determine the low student learning outcomes in mathematics . This might be because teachers do not use the media in learning arithmetic operation long tiered division . In this case, the teacher plays an active role to explain the material without the use of instructional media . The purpose of this study is to describe the activities of teachers , students and student learning outcomes during the learning process of mathematics by using a straw media. This study uses Class Action Research ( CAR ). Subjects of this study were 40 fourth-grade students consisting of 23 boys and 17 girls in SDN Wonokusumo IX/595 Surabaya . Instrument research using observation sheets and test sheets . The technique can use descriptive quantitative analysis.In the learning activities of teachers increased activity of the first cycle and second cycle . In the first cycle activity reached 75 % of teachers and teacher second cycle activity reached 84.2 % . Activities of students in the first cycle reaches 66.1 % and the second cycle of student activity reached 91.1 % . Test data of students in the first cycle reaches 67.5 % and the second cycle reached 92.57 % . Based on the description above it can be concluded that the operation count learning long division using the medium compound straws in fourth grade mathematics courses SDN Wonokusumo IX/595 Surabaya goes well and according to the learning objectives to be achieved teachers.

Keywords: student learning outcomes , long tiered division arithmetic operations , media straws.


Author Biography

Eka - Sunarsih
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 458
PDF Downloads: 187