PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWA KELAS IV SDN BUBUTAN XIII SURABAYA

  • Elok - Puspitasari

Abstract

Abstrak: Pelaksanaan pembelajaran menulis surat pribadi di kelas IV SDN Bubutan XIII Surabaya belum sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dalam dengan kurikulum. Kenyataan yang ada menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran surat pribadi di kelas IV SDN Bubutan XIII Surabaya, sebanyak 55% siswa masih belum mencapai nilai KKM 75 yang ditetapkan. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis siswa dalam menulis surat pribadi masih rendah. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis surat pribadi disebabkan oleh : (1) siswa kesulitan menulis surat pribadi secara runtut, (2) siswa kesulitan dalam menyusun penulisan surat pribadi, dan (3) siswa kurang latihan dalam menulis surat pribadi. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengambilan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil pelaksanaan pada siklus I adalah persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100% dengan ketercapaian pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor 68,5 dan persentase ketuntasa hasil menulis surat pribadi siswa pada siklus I sebesar 75%. Kendala-kendala yang muncul pada pelaksanaan pembelajaran siklus I dapat diatasi pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II. Sedangkan hasil pelaksanaan pada siklus II adalah persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100% dengan ketercapaian pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor 91,5 dan persentase ketuntasan hasil menulis surat pribadi siswa pada siklus II sebesar 85%. Kendala-kendala yang muncul pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II dapat diatasi dengan baik. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran, hasil menulis surat pribadi siswa dan kendala-kendala yang muncul menunjukkan peningkatan yang baik setelah menggunakan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi kelas IV SDN Bubutan XIII VI Surabaya.

Kata kunci : Menulis, Surat pribadi, dan Model Pembelajaran Langsung

 

 

Abstract: Implementation of learning to write personal letters in class IV SDN Bubutan XIII Surabaya is not in accordance with the expected competencies in the curriculum . Fact suggests that the implementation of learning in a private letter grade IV SDN Bubutan XIII Surabaya , as much as 55 % of students still have not reached the KKM 75 set . It can be concluded that the students' writing skills in writing a personal letter is still low. Objectives to be achieved in this research is to increase the activity of teacher and student learning outcomes during the learning takes place by using a direct instructional model and describes the obstacles encountered during the learning process. This type of research is a classroom action research ( CAR). This study aims to improve the performance of teachers that can ultimately improve student learning outcomes in writing personal letters using direct instructional model . The data collection method used by the researchers is descriptive qualitative and quantitative. Results of the implementation of the first cycle is the percentage of teachers feasibility of 100% activity with achievement of teacher activity scored 68.5 and write personal letters learning outcomes by 75 % . Constraints that arise in the implementation of the first cycle of learning can be addressed in the implementation of learning on the second cycle . While the results of the implementation of the second cycle is the percentage of teachers keterlaksanaan activity by 100 % with the achievement of all teachers have obtained a score of 91.5 , and student learning outcomes by 85 % . Constraints that arise in the implementation of the second cycle of learning can be addressed properly. Based on this research suggests that the activity of the teacher , student learning outcomes and the constraints that emerged showed good improvement after using a direct instructional model to improve the skills of writing a personal letter grade IV SDN Bubutan XIII VI Surabaya .

Keywords : Writing , Personal Letters , Direct and Learning Model

Author Biography

Elok - Puspitasari
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 147