PENGARUH MEDIA MUSIK INSTRUMENTAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI

  • Erwin Nindya Putri

Abstract

Abstrak: Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang diajarkan di sekolah dasar. Keterampilan menulis sangat perlu dimiliki oleh siswa agar siswa mampu menghasilkan keterampilan berbahasa yang baik dan lebih memahami pilihan kata yang tepat dalam membuat tulisan. Siswa kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasannya dalam bentuk tulisan dan memillih kata-kata yang tepat untuk dirangkai menjadi puisi. Dari beberapa kesulitan yang dialami siswa tersebut maka diperlukan suatu pembelajaran yang inovatif yaitu salah satunya dengan menggunakan media musik instrumental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media musik instrumental terhadap keterampilan menulis puisi kelas V SDN Ketintang I/409 Surabaya. Rancangan penelitian ini termasuk eksperimen semu dengan menggunakan Pretest and Posttest Group. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang meliputi pretest dan posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas untuk mengetahui kevalidan instrumen tes, uji reliabilitas, dan uji t untuk mengetahui pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji validitas terdapat dua butir soal yang valid atau ada korelasi dengan harga rxy = 0,483 dan 0,913. Sedangkan pada uji reliabiltas menunjukkan bahwa instrumen tes reliabel dengan harga r11 = 0,50. Pada uji t diperoleh hasil bahwa thitung = 17,86 dan ttabel = 2,048 sehingga thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media musik instrumental terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Ketintang I/409 Surabaya. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan media musik instrumental sangat baik untuk mendukung kegiatan pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka sebaiknya guru menggunakan media musik instrumental dalam pembelajaran menulis puisi. Hal tersebut sudah terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa karena dengan media musik instrumental akan membantu siswa menuangkan ide atau gagasannya dalam bentuk puisi.

Kata Kunci: pengaruh, media musik instrumental, keterampilan menulis puisi

Abstract: Writing skill is one of the skills that are taught in primary schools.Writing skill is needed so that the students are able to produce good linguistic skills and to understand deeper about the correctness in choosing dictions in making writing..Student difficulty in expressing an idea or thinking in written form and select the right words strung together into poetry. From some of the difficulties experienced by students, so it needed an innovative learning that one of them by using the instrumental music as a media. This research is aim to acknowledge the effects of instrumental music media towards the poetry writing skill of 5th grade students of SDN Ketintang I/409 Surabaya. The design of this research includes a quasi-experimental using Pretest and Posttest Group. The data collection is done by using a test that includes a pretest and posttest. While the research instrument used is a test worksheet. Analysis of the data used to determine the validity of that test instrument validity test, reliability test, and t test to determine the effect. The result of this research shows that the validity of the test, there are two items of question that valid or there is correlation with the price of rxy = 0.483 and 0.913. While on reliability test shows that reliable test instrument at a price R11 = 0.50. In the t-test result shows that tcount = 17.86 and t table = 2.048 so tcount>ttable. This indicates that there are significant different of using instrumental music to poetry writing skills fifth grade students of SDN Ketintang I/409 Surabaya. Based on the results above, it shows that by using instrumental music media is very good to support the learning process of poetry writing. Based on the research result, it is better if the teacher use the instrumental music media in learning process of poetry writing. Such thing has been proven having significant effects towards the students’ poetry writing skill because it will help the students embodying ideas and concepts in the form of poetry.

Keywords: the effect, instrumental music media, poetry writing skill

 

 

Author Biography

Erwin Nindya Putri
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 205
PDF Downloads: 295