PENERAPAN PENDEKATAN IMAJINATIF MENGGUNAKAN GERAKAN TANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SDN SAMBIKEREP V/613 SURABAYA

  • Fachria - Andhiany

Abstract

Abstrak: Di kelas II SDN Sambikerep V No. 613 Surabaya, hasil belajar siswa pada mata pelajaran yang membutuhkan hafalan (ips dan pkn ) merupakan urutan terbawah dari semua mata pelajaran yang diajarkan di kelas II. Diketahui  dari ulangan harian yang dilakukan selama 2 kali, hasilnya baru mencapai rata-rata kelas 5,6. Padahal nilai KKM yang ditentukan adalah 7,0 .Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa hal, diantaraya : (1) Pembelajaran masih bersifat konvensional, (2) kurangnya motivasi, (3) alat peraga yang digunakan kurang menarik. Upaya yang dilakukan melalui penggunaan imajinasi gerakan tangan diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SDN Sambikerep V/613 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran materi melalui penggunaan alat peraga imajinasi gerakan tangan, (2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan imajinasi gerakan tangan, (3) mendeskripsikan peningkatan nilai belajar siswa dalam materi pembelajaran melalui penggunaan alat peraga imajinasi gerakan tangan. Penelitian tindakan kelas ini (PTK), dilaksanakan selama tiga siklus dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas II, indikator keberhasilan penelitian ini adalah (1) siswa yang memperoleh nilai     > 70. Sebanyak 80% atau lebih dan hasil belajar siswa sudah diatas atau sama dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 (2) presentase aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran > 80 %  (3) presentase seluruh siswa memberi respon sangat puas dan puas ( jawaban a dan b ) > 80 % untuk setiap butir angket. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada materi pembelajaran (ips dan pkn ) mencapai rata-rata 64,58 pada siklus I, 78,13  pada siklus II dan 80,41 pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga imajinasi dapat mneingkatkan hasil belajar siswa pada materi tersebut. Dari hasil pengamatan juga dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran.

Kata Kunci: imajinasi gerakan tangan, prestasi belajar.

 

 

Abstract: In class II SDN Sambikerep V / 613 Surabaya, student learning outcomes memorize is the lowest order of all subjects taught in class II. It is known that the daily test carried out for two times, the new results achieved 5,6 grade average. Though the value of this subject KKM 7,0. The low student learning outcomes is caused by several things, including : (1) Learning is still conventional, (2) lack of motivation, (3) props are used less attractive. Efforts made through the use of imagination expected to improve student achievement class 2 SDN Sambikerep V/613 Surabaya.   The purpose of this study is (1) Describe the increased value of student learning i use imagination by hand moved, (2) Desrible the activities of teachers and students use imagination, (3) Describe student response when learning  using imagination. This classroom action research (CAR), Which is done in there cycles. Subjects were student in grade 2, indicators of success of this research are : (1) students who obtained a value > 70 was 80 % or more and student are above or equal to a minimum completeness criteria (KKM) at 70, (2) percentage of teachers and students activities ini learning > 80 %, (3) percentage of all students give very satisfied responses > 70 for each item questionnaire. The results showed that student learning out comes in  ips and pkn at an average 6,4, 58 in the first cycle, 78,13 in the second cycle and 80,41 in the third cycle. Based of the results, that the use of imagination can improve student learning out comes on the subject from the observation can also be seen the increase in learning activity.

Keywords: imagination using hand moved, student achievment


Author Biography

Fachria - Andhiany
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 71