PENGGUNAAN MEDIA FLIPCHARTDALAM MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN GAMPINGROWO I TARIK – SIDOARJO

  • Firma - Malik

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa hasil belajar siswa di kelas VSDN Gampingrowo I, Tarik-Sidoarjo pada mata pelajaran IPS masih rendah. Hal ini disebabkankarenapembelajaran masih berpusat pada guru.Guru lebih banyak menggunakan metode ceramahserta tidak menggunakan media pembelajaran dalam membantu proses pembelajaran sehingga siswa sulit dalam memahami materi karena tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran IPS. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktifitas guru dan siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, serta mengetahui respon siswa melalui penggunaan media Flipchart dalam Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas gurudan  siswa, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan persentase. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gampingrowo I, Tarik – Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melaluipenggunaan media Flipchart dalam Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)dapatmeningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. Secara klasikal hasil belajar siswamengalami peningkatan dengan persentase nilai yang diperoleh pada siklus I sebesar 60 %, pada siklus II sebesar 72 %, dan pada siklus III sebesar 92 %. Respon siswa terhadap penerapan media Flipchart juga menunjukkan hasil yang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Gampingrowo I, Tarik, Sidoarjo.

Kata Kunci: Flipchart, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

 

 

Abstract: Based on the observation, the researcher was found that the learning results at fifth grade of Gampingrowo I Elementary School, Tarik-Sidoarjo on social studies was low. It happen because the learning process was still by teacher centered. Teacher still used more speech method and did not use learning media helping thelearning process that studentsfelt difficult to understand the materialbecause they was notactively on the learning social studies. The purpose in this research were to increase the teacher and student activity, the learned result, and then to understand student respon during using Flipchart media on the Cooperative Type Student Teams Achievement Division ( STAD ) learning model. The research method that used in this research was CAR (Classroom Activity Research). Accumulation data technique used observation, test, and questionnaire. Research instruments used observation sheet of teacher and student’s activity, test, and student questionnaire responses. Technical data analysis used descriptive quantitative with percentage. The subject of research was fifth grade of Gampingrowo I Elementary School of Tarik – Sidoarjo. The results of the research shown that using Flipchart media on the Cooperative Type Student Teams Achievement Division (STAD) learning model can increaseteacher activity, student activity, and the student learning result. Classically, the student learning results was increase with the percentage in first cycle was 60%,  in second cycle was 72%, and in the third cycle was 92%. Students response tothe applicationof Flipchartmedia alsoshown theexcellent results.So, it was concluded that the application of Flipchart media on the Cooperative Type Student Teams Achievement Division (STAD) learning model increased the student learning results on social studies at fifth grade of Gampingrowo I Elementary School, Tarik, Sidoarjo.

Keywords: Flipchart, Cooperative Type Student Teams Achievement Division (STAD) Learning Model, Learning Result, Social Studies.


 

Author Biography

Firma - Malik
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 40