PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI MEMBACA KNOW-WANT-LEARN (K-W-L) BAGI SISWA KELAS IV SDN MADE 4 LAMONGAN

  • Garin Dian Nugraha

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dengan menerapkan strategi KWL pada siswa kelas IV SDN Made 4 Lamongan. hasil belajar siswa tentang keterampilan membaca pemahaman, serta kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran membaca dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, lembar tes untuk siswa, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan menerapkan strategi membaca KWL pada siswa kelas IV SDN Made 4 Lamongan meningkat. Persentase keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapa 100% dan pada siklus II mencapai 100%. Sementara itu, nilai ketercapaian pada siklus I adalah 68,11 dan pada siklus II mencapai 85,72. Adapun ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 54,6% dan pada siklus II 84,8%. Kendala-kendala yang muncul selama penelitian antara lain:  Guru tidak dapat mengkondisikan siswa dengan baik, pada saat mengerjakan LKS hanya siswa yang pintar yang dominan dalam mengerjakan soal, dan media pembelajaran yang kurang memadai sehingga siswa yang duduk di bangku belakan tidak dapat melihat gambar dengan jelas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi membaca pemahaman menggunakan strategi KWL dapat meningkatkan keterampilan memahami bacaan serta dapat meningkatkan keterampilan siswa untuk menuliskan kembali isi bacaan menggunakan kata-katanya sendiri.  Untuk itu, disarankan kepada guru kelas IV SDN Made 4 Lamongan pada pelaksanaan pembelajaran memahami isi bacaan dengan menggunakan strategi KWL.

Kata Kunci: strategi Know-Want-Learn, membaca pemahaman.

 

Abstract: The aim of this research was to describe the implementation of reading comprehension skill by applying KWL strategy to fourth grade student of SD Made 4 Lamongan. Student learning result concerning reading comprehension skill, and also problems that appeared during learning implementation and the way to solve it. This research apply class action research design, that conducted on two cycles. Data collecting technique in this research are observation, tes sheet for student and field note sheet. Analysis data technique are qualitative data dan quantitative data. Research result show that the learning implementation during reading comprehension by applying KWL strategy on fourth grade student of SD Made 4 Lamongan was improve. Learning implementation percentage on first cycle reach 100% and on second cycle reach 100%. Meanwhile,achievement score on first cycle was 68.11 and on second cycle reached to 85.72. classical completeness on first cycle was 54.6% and on second ones is 84.8%. Problems that appeared during learning are as followed : teacher cannot conditioned student well, during working student task sheet only smart student that dominant in working task, and insufficient learning media so that student who sit on back can not seeing the picture well. So, it can be conclude that the application of reading comprehension using KWL strategy can improve reading comprehension skill and also able to improve student’s skill to rewrite reading content using their own words. Therefore, it is suggested to fourth grade student of SDN Made Lamongan during reading comprehension learning to apply KWL strategy.

Keywords: KWL strategy, reading comprehension

Author Biography

Garin Dian Nugraha
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 89