PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PARTISIPASI SOSIAL SISWA KELAS V SDN PUTAT GEDE II SURABAYA

  • Gunawan - Efendy

Abstract

Abstrak: Latar belakang dari penelitian ini adalah permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pengajar dalam pembelajaran di Kelas V SDN Putat Gede II Surabaya yaitu : (1) Guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi (2) Guru hanya memanfaatkan media papan tulis untuk menunjang pembelajaran (3) Kurangnya perhatian guru terhadap keaktifan siswa di dalam kelas (4) Perhatian guru lebih terpusat pada penyelesaian tugas tertulis daripada partisipasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan partisipasi siswa melalui model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas lima SDN Putat Gede II Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian selama 3 siklus diperoleh adanya peningkatan aktivitas guru pada siklus I sebesar 73,86%  meningkat pada siklus III menjadi 86,90%,  aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73,75% meningkat pada siklus III menjadi 86,87% dan partispasisiswa pada siklus I sebesar 73,9% Meningkat pada siklus III menjadi 85,98%, dengan demikian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa.

Kata Kunci: Partisipasi, Kooperatif, Numbered Head Together, IPS.

 

 

Abstract: The background of this study was problems that experienced during learning on fifth grade student of SDN Putat Gede II Surabaya namely : 1) teacher still applying lecture method when conveying matters, 2) teacher only utilize blackboard media to support learning, 3) the lack of attention from teacher to student’s activities on class, 4) teacher’s attention focussed on the written test accomplishement than student;s partisipation. The purpose of this research was to describe the improvement of student’s activities through the application of cooperative learning model type Numbered Head Together. This research applying class action research. Data collecting process using questionere and observation sheets. Subject of this research were fifth grade students of SDN Putat Gede II Surabaya. Data analysis technique which applied by researcher are descriptive qualitative method. After conducting research it was obtained improvements on teacher activities on first cycle as big as 73,86% to third cycle to 86,90%, student’s activity on first cycle  was 73,75% improve to 86,87% on third cycle. And student’s participation on first cycle as big as 73,9% improved to 85,98% on third cycle, thus it can be conclude that the application of numbered head together can improve student’s participation.

Keywords: participation, cooperative, Numbered Head Together, social studies.


Author Biography

Gunawan - Efendy
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 148