PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPTIF SISWA KELAS II SDN KEBONAGUNG II SUKODONO

  • Helda Nela Meilinda

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi di kelas II SDN Kebonagung 2 Sukodono ditemukan bahwa keterampilan menulis deskriptif siswa masih kurang. Guru juga tidak menyediakan media sebagai penunjang proses belajar mengajar. Sehubungan dengan permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan judul “Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskriptif Siswa Kelas II SDN Kebonagung 2 Sukodono”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam pembelajaran, hasil belajar menulis deskriptif, serta kendala yang muncul dan cara mengatasinya.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Data yang di kumpulkan menggunakan instrument observasi dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan  media gambar dapat meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran yaitu dari siklus I yang mencapai rata-rata 100% dengan rata-rata nilai ketercapaian 81,49 menjadi rata-rata 100% dengan rata-rata nilai ketercapaian 87,07 pada siklus II. Hasil belajar menulis deskripsi siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh 62,2% dan pada siklus II memperoleh 86,5%.Kendala yang muncul adalah siswa terlihat ramai sendiri dan kurang fokus dalam mengikuti proses pembelajaran. Cara mengatasinya dengan mengadakan ice breaking secara bervariasi dan merancang kegiatan pembelajaran interaktif untuk siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis deskriptif siswa kelas II SDN Kebonagung 2 Sukodono.

Kata Kunci: Media gambar, menulis, desktiptif.

Abstract: Based on the observation’s in the second grade students of State Elementary School Kebonagung 2 Sukodono was found that student’s descritpive writing skill are lacking. The teacher didn’t even prepare the media to support  teaching-learning activity. Based on the problem above, the aim of this research was “The application of Picture’s Media to Increase Student’s Descriptive Writing Skill in SDN Kebonagung 2 Sukodono”. The purpose of this research is to describe the application of picture’s media in learning process, learning results in writing descriptive text, along with the obstacles and the solution how to handle it.This research was a class action research that uses qualitative descriptive method with research procedure that consisted of planning, action, observation, and reflection. This study consisted of 2 cycles.The data gathered using the instrument of observation and test.The results of this study showed that by applyin a picture’s media can increased the quality of learning activity which is reached 100% by getting score as big as 81,49 in the first cycle became 100% with 87,07 for the score in the second cycle . Classical completeness test of students in the first cycle reaches 62.2% and became 86,5% in the second cycle.Problem which experienced in class was that students looks busy with theirselves and less focuse on learning process. The offering solution for the problem above was by applying a variant ice breaking and creating an interctive teaching-learning activity for student. According to the result above, it can be concluded that the application of picture’s media be able to increase student’s descriptive writing skill in SDN Kebonagung 2 Sukodono.

Keywords: Picture media, writing, descriptive.

Author Biography

Helda Nela Meilinda
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 83