PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 1 SDN PLOSO V – 176 SURABAYA

  • Helly - Rachmawati

Abstract

Abstrak: Pembelajaran berbicara di SDN Ploso V bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi supaya siswa dapat menggunakan bahasa dengan baik dan benar,baik secara lisan maupun,tulisan,serta menumbuhkan keberanian siswa untuk berfikir kritis,rasional dan kreatif dalam memecahkan masalah,karena mengingat siswa kelas awal pola berfikirnya operasional masih pemikiran kongkrit..Pembelajaran Bahasa Indonesia akan lebih baik jika diajarkan sejak dini dan berkesinambugan. dalam keberhasilan untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai ,dengan menggunakan media gambar sangatlah membantu guru dan siswa dalam keberhasilan untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai.Sesuai dengan kurikulum 2004 mata pelajaran Bahasa indonesia dinyatakan ada 4 aspek keterampilan berbahasa yaitu; menyimak,berbicara, menulis dan membaca.Isi silabus tersebut adala`h menekankan bentuk-bentuk pembelajaran yang aplikatif, tidak lagi dipenuhi oleh materi-materi tata bahasa yang rumit (BSNP).Dengan model pembelajaran ini diharapkan mutu pendidikan dapat ditingkatkan tanpa membuat siswa bosan dan jenu dengan proses pembelajaran. Masalah yang diajukan adalah “Bagaimana Penggunaan media gambar alam sekitar untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas I SDN Ploso V-176 Surabaya?  Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Ploso V-176 Surabaya yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari siswa perempuan 18 dan 19 siswa laki – laki. Materi yang digunakan adalah menceritakan gambar alam sekitar.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes kemampuan dengan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa,tes hasil belajar siswa terhadap rekan sejawat/observer.Hasil analisis data lembar observasi aktivitas guru menunjukkan sangat baik dengan presentase 84,37sedangkan aktivitas siswa mencapai 82,03%. Selain itu data dan analisis tes hasil belajar siswa pada siklus I, siklus IIdengan kemampuan berbicara menunjukkan peningkatan dari nilai rata – rata 66,36 menjadi 72,66%. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara dapat diterapkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I, dibuktikan dengan presentase aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada siklus I, siklus II mengalami peningkatan.

Kata kunci: Model pembelajaran penggunaan media gambar alam sekitar,  Kemampuan berbicara siswa

Abstract: Speaking subject in Ploso V public school aims to improve students skills in communication in order for students can use the language properly and correctly, both of orally and in writing and to encourage students to think critically, rationally and creatively in solving problems, because the initial graders thinking patterns are still in concreate operational thinking . Indonesian Learning would be better if taught early and continuously. In success to achieve the goals, using pictures as the media is helping teachers and students in achieving the goals. According to 2004 curriculum, Indonesian subjects, there are four aspects of language skills ; listening , speaking , writing and reading. The syllabus content is to emphasize applicable learning forms, isn’tcomplicate grammar materials (BSNP). By the model it’s expected the quality of education can be improved without making students bored and tired with the learning process. The problem solve was "How to use natureimages to improve the speaking ability of grade 1st public primary school of Ploso V - 176 Surabaya?” Object of this observation was grade 1st public primary school of Ploso V- 176 Surabaya they are 37 students,there are 18 female and 19 male students. The material used was talking about natures. Data collection technique used observation, ability test using teacher’s sheet observationand students’s sheet observation, student test achievement with peers / observer. The data analysis results of the teacher’s sheet observation sheet showed excellent with the percentance of 84.37 % while the student’s sheet observation reached 82.03 %. In addition to the analysis of test data and student learning outcomes in the first cycle, second cycle with the speaking ability the results showed an increase in the average score of 66.36 % to 72.66 %. Based on this research it suggests that the speaking ability can be applied to the subjects of Indonesian students in grade 1st, evidenced by the percentance of student activities and student learning outcomes in the first cycle, second cycle increased.

Keywords:The benefit of using models nature illustrated media, students speaking ability


Author Biography

Helly - Rachmawati
Jurusan S1-PGSD FIp Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 25