MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN ASLI SAMPAI LIMA RATUS MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BUAH APEL TEMPEL BAGI SISWA KELAS II SDN KARANGPAKIS II, KECAMATAN KABUH, KABUPATEN JOMBANG

  • Hita Aris Kustianingrum

Abstract

Abstrak: Permasalahan pendidikan siswa selalu muncul bersamaan situasi dan kondisi lingkungan yang ada, di samping itu masih diberlakukannya sistem guru kelas di SD, dan cara pendekatan konvensional sudah dianggap tidak efektif serta menimbulkan kejenuhan di dalam kelas, oleh karenya guru dituntut untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki pengelolaan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran secara konvensional seperti disebutkan di atas terjadi pada pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan bilangan asli sampai lima ratus di kelas II SDN Karangpakis II Kecamatan Kabuh,  Kabupaten Jombang sehingga mengakibatkan hasil pembelajaran kurang maksimal dan hanya 78,84% siswa yang mampu mencapai hasil di atas kreteria ketuntasan klasikal. Menindak lanjuti permasalahan yang telah diuraikan pada paragraf pertama, maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan mengangkat judul  “ Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Penjumlahan Bilangan Asli Sampai Lima Ratus Menggunakan Media Gambar Buah Apel Tempel “. Dalam melakukan penelitian tindakan kelas di kelas II SDN Karangpakis II Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang peneliti menggunakan teknik observasi dan tes. Observasi yang dilakukan meliputi observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, serta tes hasil belajar yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Kegiatan observasi dan tes dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran materi operasi hitung penjumlahan bilangan asli sampai lima ratus dengan menggunkan media gambar buah apel tempel. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media kertasberwarna didapatkan hasil pembelajaran pada siklus I sebagai berikut: aktivitas guru 85,09%, aktivitas siswa 78,84%, dan hasil belajar 96,15%. Karena hasil yang didapatkan belum mencapai ≥ 80%, maka dilakukan pembelajaran pada siklus II. Hasil pembelajaran pada siklus II adalah  aktivitas guru 95,19%, aktivitas siswa 90,38%, dan hasil belajar 96,15%. Karena hasil pembelajaran untuk aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes sudah mencapai ≥ 80%, maka dapat disimpulkan bahwa media gambar buah apel tempel  dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar matematika materi operasi penjumlahan bilangan asli sampai lima ratus.

Kata kunci: Gambar Buah Apel Tempel, Penjumlahan bilangan Asli Sampai lima  Ratus.

Abstract: Follow up issues that have been described in the first paragraph, the authors conducted research with the class action lifted the title "improving mathematics learning materials operasi count integer number with using colors peaper media students of Class two SDN Karangpakis II, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang." In conducting action research on state elementary school Karangpakis II, district, researchers using observation and tests. The observations was done as teacher activity, student activity observation, as well as achievement test conducted at the end of the lesson. Observations and tests were conducted to examine the effectiveness of learning material, integer number using a colors peaper. After the learning is done using a summing up Numbers five hundred, Apples Image Paste : 85.09% teacher activity, the student activity78.84 numbers F, 96.15% and learning outcomes. Because the results obtained have not reached ≥ 80%, then the learning is done in cycle II. The learning result in cycle II is 95.19% : teacher activity, student activity 90.38%, 96.15% and the learning result. Because the learning result for teacher activity, student activity, and the test was achieved ≥ 80%, it can be concluded that the media colors peaper can improve the learning result in mathematics distance,integer number.

Keywords : Summing Up Numbers Five Hundred, Apples Image Paste

 

Author Biography

Hita Aris Kustianingrum
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 104