PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS VA SDN BALASKLUMPRIK I NO.434 SURABAYA

  • Ida - Karunia

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media film kartun untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita, meningkatkan hasil belajar menyimak cerita , dan  mendiskripsikan kendala-kendala yang muncul dalam pembelajaran menyimak cerita siswa kelas V SDN Balasklumprik I Surabaya. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian: perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Penilitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan catatan lapangan. Selanjutnya data yang telah terkumpul akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian penggunaan film kartun untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa pada siklus I menunjukkan bahwa, persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 78,57% sedangkan pada siklus II terlaksana sebesar 92,80%, maka terjadi peningkatan sebesar 14,23%. Untuk skor ketercapaian siklus I sebesar 79,76, sedangkan pada siklus II sebesar 86,11, maka terjadi peningkatan sebesar 6,35. Ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 74,29% sedangkan pada siklus II sebesar 85,71%, maka terjadi peningkatan sebesar 11,42%. Semua kendala yang ada dapat diatasi dengan baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film kartun dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa kelas V SDN Balasklumprik I Surabaya.

Kata Kunci:  media film kartun, kemampuan menyimak, cerita rakyat

Abstract: The purpose of this research was to describe the use of the cartoon movie media to enhance the story listening skills, to improve students learning outcomes the story listening, and to describe constraints that arise in learning listening story in the fifth graders of State Elementary School Balasklumprik I  Surabaya. The research design using the design of classroom action research with research procedures: planning, execution and observation, and reflection. This research was consisted of  two cycles. The data collection techniques used were observation, testing, and field notes. Furthermore, the data that has been collected will be analyzed qualitatively. The results of this research the use of cartoonmovie to increase students' listening skills story in the first cycle shows that, the success of learning prosess was 78,57%, easibility the second cycle success was 92.80%, then increase of 14.23%. For achievement scores reached the first cycle of 79,76, while in the second cycle of 86,11, then an increase of 6,35. The class classical completeness in the first cycle reached was 74.29%, while in the second cycle was 85.71%, then an increase of 11.42%. All existing constraints can be overcome by either the second cycle. Based on these results it can be concluded that the use of the cartoon movie media can improve the skills of listening folklore for fifth graders of  State Elementary School Balasklumprik I Surabaya.

Keywords: cartoon movie media, gather ability, citizen story

Author Biography

Ida - Karunia
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 203
PDF Downloads: 449