PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SEKILAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Indah Tri Kusumawati

Abstract

Abstrak: Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN Kedungsoko 2 belum menguasai keterampilan membaca sekilas. Hal itu ditunjukkan dari persentase hasil belajar siswa yang telah memenuhi KKM bahasa Indonesia sebesar 54,55%. Oleh karena itu, dipilihlah model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan membaca sekilas, hasil belajar siswa, serta kendala-kendala yang terjadi dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah observasi, tes, dan  catatan lapangan, yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan aktivitas pembelajaran pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 100%. Skor ketercapaian aktivitas pembelajaran pada siklus I sebesar 72, sedangkan pada siklus II sebesar 83. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,64%, sedangkan pada siklus II sebesar 81,82%. Rata-rata ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 77,71 dan pada siklus II sebesar 85,42. Kendala yang terjadi dapat diatasi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan keterampilan membaca sekilas, hasil belajar, serta mengatasi kendala yang terjadi pada pembelajaran membaca sekilas siswa kelas V SDN Kedungsoko 2. Saran bagi guru adalah, hendaknya guru  menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan membaca sekilas.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Keterampilan Membaca Sekilas

 

 

Abstract: Observation showed that the students in fifth grades of Kedungsoko 2 elementary school, didn’t have skimming skill. It showed from percentage of students learning outcomes that have complete the MCC were 54,55%. So, choosen cooperative learning model type STAD to be a solution of the problem. The goals of this research are discribe the aplication of cooperative learning type STAD to increase the skimming skill, learning outcomes, the obstacle that happened and this solution. It research used Classroom Action Research that did in two cycle. Data organitation techniques of this research were observation, test, and note field, that were analysed by descriptive qualitative and quantitative. Researched outcomes showed that percentage of learning activity has 100%. Reached score in cycle I was 72, and in cycle II was 83. Percentage of classical completeness in cycle I was 63,64%, and in cycle II was 81,82%. Students completeness average in cycle I was 77,71, and in cycle II was 85,42. The obstacle that happened can be solved well. Bessed on researched outcomes, concluded that cooperative model type STAD increased skimming skill, learning outcomes, and solved the obstacle that happened in skimming learning at fifth grades of Kedungsoko 2 elementar school. Suggest to the teacher is, the teacher should apply cooperative model type STAD to increase skimming skill.

Keywords: Cooperative Learning Type STAD, Skimming Skill

Author Biography

Indah Tri Kusumawati
jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 22