MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA CETAK TENTANG “MENGENAL BERBAGAI MASALAH SOSIAL” PADA SISWA KELAS IV SDN LIDAH WETAN III/463 SURABAYA

  • Intan Buyung Permadani

Abstract

Abstrak: Berdasarkan kebiasaan dan keterlanjutan belajar dan mengajar di SDN Lidah Wetan III/463 Surabaya, menunjukkan bahwa dominasi dalam pembelajaran yaitu guru menyajikan pengetahuan kepada siswa tanpa memberikan kesempatan siswa untuk berbuat dan hanya mengunakan metode ceramah sehingga siswa menjadi pendengar pasif. Hal ini menyebabkan kurang maksimalnya hasil belajar siswa. Pada karya tulis ini memilih salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada pemanfaatan Media cetak yang berpandangan bahwa siswa dapat secara aktif untuk tertarik dalam upaya menggali ilmu pengetahuan dengan media cetak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktifitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan pembelajaran dengan pemanfaatan Media cetak pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Mengenal Berbagai Masalah Sosial di Kelas IV SDN Lidah Wetan III/463 Surabaya. Penelitian ini mengunakan PTK dengan 2 siklus. Metode pengumpulan data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Kata Kunci: media cetak, pembelajaran masalah sosial, pemahaman siswa.

 

 

Abstract: Based on habit and continuation of learning and teaching in SDN Lidah Wetan III/463 Surabaya, showing that dominance in which the teacher presents the learning knowledge to students without providing students the opportunity to do and just use a lecture so that students become passive listeners. This causes less maximum student learning outcomes. At this paper chose one model of learning-oriented utilization of print media who believe that students can actively interested in the effort to explore science with print media.The purpose of this study is to describe the activities of teachers and students during the lesson, describe improving student learning outcomes in the application of learning with the use of the print media on the subjects of Social Studies Problems Know the material in class IV SDN Lidah Wetan III/463 Surabaya. This study uses ClaResearch  with 2 cycles. Methods of data collection in the form of qualitative and quantitative data analysis.

Keywords: Print Media, Social Studies Learning, Understanding Students.


 

Author Biography

Intan Buyung Permadani
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 89