MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BANGUN DATAR BERATURAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR SISWA KELAS V SDN CERME LOR GRESIK

  • Kharisma Ayuneng Samudra

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil temuan dilapangan dapat disampaikan hal-hal yang terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru SDN Cerme Lor Gresik dalam menyampaikan materi pembelajaran, terutama pada materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar banyak mengalami kendala. Disebabkan oleh beberapa faktor yang melatar belakangi hal tersebut antara lain: 1) guru masih menggunakan metode ceramah yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran, 2) guru tidak menggunakan media pembelajaran, 3) guru kurang memperhatikan siswa yang duduk di belakang. Sehingga hal ini menyebabkan rendahnyanilai hasil belajar pada siswa dan masih banyak yang belum mencapai KKM yaitu 75. Tujuan yang akan dicapai adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktifitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan menggunakan media tangram.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan langkah-langkah : perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi, subyek penelitian, pengumpulan data, teknis analisis data, dan penelitian. Hasil penelitian menunjukkanadanya peningkatan aktivitas guru sebesar 24% dari siklus I 66,25% dan pada siklus II sebesar 90,37%. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran juga mengalami peningkatan keberhasilan pada siklus I 87,5% menjadi93,75% pada siklus II. Sehingga mengalami peningkatan sebesar 6,25%. Adanya peningkatan dari hasil belajar siswasebesar 11,74% dimana  pada siklus I sebesar 68,31% dan siklus II sebesar 80,05%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tangram dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar pada kelas V SDN Cerme Lor dengan baik.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Media bangun datar beraturan, Bangun Datar.

 

 

Abstract: Based on the finding results on filed it can be conveyed matters that related with learning process which conducted by teachers of SDN Cerme Lor  Gresik during conveying learning matters, especially on identifying plane structure properties that experience many problems. It caused by several factors which become the background of those matters as follows : 1) teacher still applying lecture method that unsuitable with learning matter, 2) teacher have not apply learning media, 3) teacher lack of attention to student who sit on back. So it causing the low of student learning result score and many of them that still have not reach KKM namely 75. The purpose that want to achieved are to describe teacher activity, student activity, and  student learning result on identifying plane structure properties matters by tangram media. Research method that applied is descriptive quantitative method. Class action research by applying steps : planning, implementation, reflection, research subject, data collection, analysis data technique, and research. Research result show there are improvements on  teacher activities as big as 24% from first cycle 66.25% and on the second ones as big as 90.37%. Student activities on learning activity also experienced improvement on first cycle as big as 87.5% to 93.75% on second cycle. So it experienced improvement as big as 6.25%. the improvement of student learning result as big as 11.74% whereas on first cycle as big as 68.31% and on second ones as big as 80.05%. It can be conclude that the utilization of tangram media able to oimprove teacher and student activities during learning so it can improve the learning result on identifying plane structure properties matters to fifth grade student of SDN Cerme Lor well.

Keywords : Learning Result, Tangram Media, Plane Structure.

 

Author Biography

Kharisma Ayuneng Samudra
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 266