PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • leny - magfiroh

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada kelas V SDN Keboananom Gedangan-Sidoarjo. Hal ini terjadi karena guru belum terbiasa menerapkan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketercapaian aktivitas guru pada siklus I sebesar 65,6%, sedangkan pada siklus II nilai ketercapaian 90,62%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan. Keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I nilai ketercapaian 66,67%, sedangkan pada siklus II nilai ketercapaian 89%. Sementara itu, hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan klasikal mencapai  65,8% dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal mencapai 94,74%. Hasil belajar afektif siswa pada siklus I persentase ketuntasan klasikal mencapai  69,22% dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal mencapai 91,28%. Hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I persentase ketuntasan klasikal mencapai  71% dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal mencapai 91,11%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran CTL dalam mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Keboananom Gedangan-Sidoarjo.

Kata Kunci : Model Pembelajaran CTL, Hasil Belajar

Abstract: The background of this researchwas the lack of students’ learning result the subject of science study, especially in the class of V SDN Keboananom Gedangan-Sidoarjo .It happened because the teachers were not used to apply innovative learning model in the learning activities. The teacher used speech method. The purpose of the research are to describe teacher activites, students activities, and learning result of students.This research used class action research (PTK) on two cycles. The research subjects the teacher and students in fifth grade.The research data were taken from observation and test. This research using descriptive qualitative and quantitative data analysis techniques.The result of this research showed that teacher activities have increased. Teacher activities on cycle I is 65,6% and cycle II is 90,62%. Students activities increased too. Students activities on cycle I is 66,67% and cycle II is 89%. The persentage of cognitive result  on cycle I by 65,8% and 94,74% 0n cycle II. The persentage of affective result  on cycle I by 69,22% and 91,28% 0n cycle II. The persentage of psychomotor  result  on cycle I by 71% and 91,11% 0n cycle II. From this results it can be concluded that by apply CTL learning model in science studies can increase learning result of student in fifth grade of Keboananom Gedangan-Sidoarjo state elementary school.

Key Word: CTL Learning Model, Learning Result


 

Author Biography

leny - magfiroh
jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 387
PDF Downloads: 647