PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN KELAS II SDN JAJARTUNGGAL III SURABAYA

  • Mochammad Eko R

Abstract

Abstrak: Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SDN Jajartunggal III Surabaya,menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran di kelas II masih berpusat pada guru dan belum menggunakan media pembelajaran yang kreatif. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah. Oleh karena itu, ditawarkan solusi berupa penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini antara lain mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa serta kendala-kendala yang dihadapi setelah menggunakan media puzzle pada tema lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik analisis data diskriptif kualitatif.. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya dan telah mencapai indikator keberhasilan.

Kata Kunci: media puzzle, Hasil Belajar.

Abstract: Based on observations conducted by researchers at SDN Jajartunggal III Surabaya, show that learning activities in second class was still centered on the teacher and did not use media creative learning. This has an affect on student learning results are still low. Therefore, a solution offered of the use of the puzzle media to improve student learning results. The purpose of this study was to describe teacher activities, student activities, and student learning results as well as the constraints faced after using puzzle media on environmental themes. This study was a classroom action research using qualitative descriptive data analysis techniques. The study consisted of two cycles. The instrument applied  is the observation sheets and tests. The results showed an improvement in student learning results in each cycle and has achieved success indicators.

Keyword: Media Puzzle, learning outcomes.

Author Biography

Mochammad Eko R
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 115