PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR DEKORATIF PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • maisaratul - kutsiyah

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan karena rendahnya perkembangan kreativitas siswa dalam membuat gambar dekoratif yang disebabkan ketidaktepatan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu menggunakan metode ceramah . siswa cenderung meniru contoh gambar yang diberikan oleh guru. Berdasarkan kenyataan diatas, maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu dengan menerapkan metode proyek.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa pada saat kegiatan pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dengan menerapkan metode proyek, mendeskripsikan hasil kreativitas menggambar dekoratif siswa setelah proses pembelajaran dengan menerapkan metode proyek. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Juluk II kecamatan Saronggi kabupaten Sumenep yang berjumlah 20 siswa dengan jumlah laki-laki 11 siswa dan perempuan 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,tes hasil kreativitas menggambar siswa. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil kreativitas menggambar dekoratif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase 77,5% pada siklus I, 88,7% pada siklus II.. Aktivitas siswa mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase 75% pada siklus I, 90,6% pada siklus II. Hasil kreativitas menggambar dekoratif siswa juga mengalami peningkatan selama dua siklus dengan persentase 70% pada siklus I, dan 90,9% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode proyek dapat meningkatkan kreativitas menggambar dekoratif pada siswa kelas V SDN Juluk II kecamatan Saronggi kabupaten Sumenep.

Kata Kunci : Metode Proyek, Kreativitas Menggambar Dekoratif

Abstract: This research is implemented on a reason that any poorness of student’s creativities on making decorative paint; those was caused by learning activity always centralized on a teacher. An Inappropriate method of learning used by any teacher such as speech method; by this method students can imitate whatever teacher do, and only that. According to that condition, any problem solving is needed such as changing to project method. Goal of this research is describing any teacher’s and student’s activities when they held an art, cultural, and skilled studies (SBK) by using project method; describing any creativity result of student’s decorative painting after learning process using project method. This research used class actions research plan hold on two cycles that each of them contain of:  planning, implementation, observation, and reflection. Subject of this research is 11 boys and 9 girls (all students of fifth class is 20 students) in Juluk II, Saronggi sub-district, Sumenep regency. Data collection technique using observation method on student’s painting result. Observation paper used to observe any teacher’s activities and also the students in learning process, and a test used to collect any data of decorative painting creativities. Result of this research shows that teacher’s activities increased during tuat two cycles: 77.5 % on first cycle, 88.7% on second cycle. Students activity also increased on the three cycles: 75% on first cycle, 90.6% on the second. Result of student’s decorative painting creativity increased during two cycles: 70% on first, and 90.9% on the second. According to that result, researcher can conclude that implementation of project method increased student’s decorative painting creativity on fifth class of SDN Juluk II, Saronggi sub-districk, Sumenep regency.

Key Word: Project Method, Decorative Painting Creativity.

 

 

Author Biography

maisaratul - kutsiyah
jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 133
PDF Downloads: 205