PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SDN NGAGEL REJO I/ 396 SURABAYA

  • Mulyorini - -

Abstract

Abstrak: peneliti terhadap siswa kelas V SDN Ngagel Rejo I Surbaya, cara pembelajaran PKn kurang bevariasi karena guru – guru hnya menggunakan metode ceramah selain itu, siswa tidak dilatih dalam bidang bekerja bersama, berkomunikasi, dan menghargai pendapat orng lain. Hal tersebut berdampak pada banyaknya nilai siswa yang berada di bawah KKM yang telah ditemukan nilai ketuntasannya yaitu 75. Oleh karena itu peneliti mencoba memperbaikinya dengan menggunakan media flashcard dalam pembelajaran PKn pda materi kebebasan berorganisasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penilitian adalah siswa kelas V SDN Ngagel Rejo I Surabaya yang berjumlah 38 siswa. Terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar tes dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dari observasi guru dan siswa, hasil tes, serta hasil angket. Sedangkan cara mendeskripsikannya melalui teknik analisis data kuantitatif. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama dua siklus, pada siklus I yaitu 77%, pada siklus II meningkat 87,5% . Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus satu sampai siklus dua yaitu 71,42%, 92,8%. Hasil belajar penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan pada siklus I hanya mencapai 61% dan meningkat pada siklus II menjadi 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran, serta hasil belajar siswa kelas V SDN Ngagel Rejo I Surabaya.

Kata Kunci: Media flashcard, Pembelajaran PKn, Hasil Belajar.

 

 

Abstract: According to the result of the observation which had been held on Monday, 17 april 2014 by the researcher to the fifth graders of State Elemantary School Ngagel Rejo I Regency Surabaya, it can be know that the learning process was not creative, the teacher was just doing lecturing during the lesson and the students did not learn how to work in a team, communicate and appreciate the other’s opinion. It made the score of the students are lower than 7,5 as the minimal standard. It becomes the reason of the researcher to conduct a study in order to solve thr flashcard media in the subject of civic education freedem organition.This study used a Class Action Research with the subjects of the research were the fifth students of SDN Ngagel Rejo1 Surabaya that is amount of 38 students. Consisting of 17 male students and 21 female students. Having conducted through two cycles and each cycle consisting of planning, implementation, observation, reflection. Data collection techniques were observation, tests, and questionnaires. The instrument used was of teachers activity sheet, students activity sheet, testsheet, snd questionaire sheet. The data analysis technique being used were the analysis of quantitative data from observations of teachers and students, test results, and the results of the questionnaire. While the way of describing through quantitative data analysis techniques.Teacher activity showed some improvements during the three cycles, the first cycle was 77%, the second cycle increases by 87,5%. The improvement also occurred in the student activities of the first cycle to the two cycle, namely 71,42%, 92,8%. The results of students' mastery of concepts learning in the first cycle increased only to 61%, in the second cycle reached 84%. Thus it can be concluded that the media flashcard can enhance  activities of teachers and students in learning activities, as well as learning outcomes grade V SDN Ngagel Rejo I Surabaya.

Keywords: Media flashcard, Civic Education, Result Study.


 

 

Author Biography

Mulyorini - -
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 209
PDF Downloads: 107