PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VA SDN GADING I SURABAYA

  • Ngatmiatun - -

Abstract

Abstrak: Upaya pembentukan kepribadian Warga Negara Indonesia yang baik melalui pembelajaran PKN, ternyata belum sesuai dengan harapan kurikulum. Pembelajaran PKN di SDN Gading I Surabaya, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam penyajian bahan pelajaran, tanpa menggunakan media pembelajaran. Dengan menggunakan ceramah,aktivitas berpusat pada guru,penyajian bahan secara verbal,komunikasi hanya satu arah,dan jarang memberi kegiatan belajar kelompok atau diskusi,tidak ada interaksi antara guru dan siswa maupun antara siswa dengan siswa dalam bentuk kerjasama dalam kelompok atau diskusi.Akibatnya aktivitas belajar siswa menjadi pasif, mereka hanya duduk mendengarkan penjelasan guru,bahkan dapat membosankan, jarang terjadi interaksi belajar kelompok antar siswa. Pola pembelajaran PKN yang demikian kurang mendukung tercapainya pembelajaran PKN sesuai yang diharapkan kurikulum. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan pembelajaran PKN  kelas VA di SDN Gading I Surabaya dengan menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan baik proses maupun hasil belajar siswa.Peneliti memilih model pembelajaran tipe STAD karena memiliki keunggulan dalam meningkatkan aktivitas  hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk mendeskripsikan  hasil belajar  siswa setelah penggunaan model pembelajaran kooperatif  tipe STAD  pada mata pelajaran PKN kelas VA SDN Gading I Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang menggunakan alat pengumpul datanya dengan observasi, dan tes. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian mengalami peningkatan dari siklus yang satu ke siklus selanjutnya.Persentase keberhasilan aktivitas guru pada siklus I  75%, pada siklus II  82,29% dan pada siklus III  93,75%. Persentase keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I  71,88%, pada siklus II  77,34% dan pada siklus III  87,50%. Presentase hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan mulai dari temuan awal sebesar  35,56% ,setelah diadakan perbaikan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I  48,89%,pada siklus II  64,44% dan pada siklus III  82,22%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A SDN Gading I Surabaya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, hasil Belajar.

 

 

Abstract: Application of type STAD Cooperative Learning Model To Improve Learning Outcomes Civics Lesson in the fifth grade of SDN Gading I Surabaya. Efforts to establish the personality of Indonesia citizens through civic education learning,was in accordance with the expectations of  the curriculum . Learning Civics in SDN Gading Surabaya, many teachers use the lecture method in preparing learning materials,without the use of instructional media. By usinglectures,teacher-centered activities, the presentation of verbal material,only one way communication,and rarely provide learning activities or discussion groups,there was no interaction between teachers and students and between students and students in the form cooperation in groups or discussion. As a result, studentsbecome passive learning activities,they just sit and listen to the teacher, can even be boring, infrequent interaction between students learning group. Pattern Learning Civies are thus less support the achievement of the expected learningaccording Civics curriculum.  Therefore it is necessary for the learning improvement Civics in the fifth of SDN Gading I Surabaya using learning strategies that can improve both the process and outcomes of student learning. The rescearcher chose STAD learning model because it  has the advantage of improving student learning activities. The purpose of this study is to describe the activities the activities of teachers and students and to describe the activities of students learning outcomes after the use of STAD cooperative learning model to improve students learning outcomes of Civics subjects in the fifth of SDN Gading I Surabaya. The method used in this research is descriptive method that uses a data collection tool with observation,and testing.This study uses draftv Classroom Action Research ( CAR ).

Author Biography

Ngatmiatun - -
jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 220
PDF Downloads: 50