PENGGUNAAN SIKLUS BELAJAR 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

  • Noor - Murdiyah

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan atas dasar temuan peneliti bahwa banyak siswa yang  masih memiliki kemampuan yang kurang dalam keterampilan berpikir kritis. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk  mengetahui bagaimanakah aktivitas guru dan siswa, mengetahui bagaimanakah peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran siklus belajar 5E pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik analisis data diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sebagai subyek siswa kelas VB SDN Jeruk I/469 Surabaya yang berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan lembar tes keterampilan berpikir kritis. Sedangkan  teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Data yang diperoleh aktivitas guru pada Siklus I mencapai 75,8%, dan pada Siklus II 82,8%. Aktivitas siswa pada Siklus I mencapai 76,5%, dan pada Siklus II 92,2%. Untuk keterampilan berpikir kritis Siklus I mencapai 71,1%, dan pada Siklus II 86,8%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran siklus belajar 5E dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran siklus belajar 5E.

 

 

Abstract: The research was conducted on the basis of research findings that many students who still have the lack of ability in critical thinking skills. This study was conducted in order to determine how the activity of teachers and the students, to know how an increase in students critical thinking skills through the 5E learning cycle model to study natural sciences. This study was classroom action research which used qualitative data analysis techniques and quantitative descriptive. The subject in this study were fifth graders of Jeruk I/469 State Elementary School of Surabaya consisting of 38 students. The instruments that were observation sheets and sheets test of critical thinking skills. While data collection techniques used observation and tests. This research was conducted during two cycles. The data obtained in the first cycle of teacher activity reached 75.8 %, and second cycle 82.8 %. Student activity in the first activity reached 76,5% and second cycle 92,2%. For critical thinking skill first cycle reached 71,1% and second cycle 86,8%. It was concluded that the learning model of 5E learning cycle improved students critical thinking skill and it could be used as an alternative way to learning of natural sciences.

Keyword: Natural sciences, critical thinking skills, the learning model of 5E learning cycle.

 

Author Biography

Noor - Murdiyah
Jurusan S1 _GSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 74