PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR SISWA KELAS I SDN KEBONSARI II/415 SURABAYA

  • Suhartini - Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskrepsikan penggunaan buku cerita bergambar, 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas I dalam keterampilan membaca dan 3) mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam membaca menggunakan buku cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Kebonsari II/ 415 kecamatan Jambanagan kota Surabaya yang berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah berupa lembar observasi pelaksanaan kegitan belajar mengajar, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah observasi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada siklus I mencapai 77,7 % yang kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,6 %. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 73,7 % pad siklus I menjadi 90,3 % pada siklus II. Begitu pula dengan  hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari 75,2 % pada siklus I menjadi 90,4 % pada siklus II. Kendala yang dihadapi antara lain guru kurang memberi contoh dalam membaca, sehingga pada siklus I siswa membacanya masih belum lancar dan intonasinya kurang tepat. Akibat dari membaca kurang lancar pada waktu mengerjakan tes tulis banyak siswa yang tidak bisa mengerjakan. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca lancar siswa kelas I SDN Kebonsari II/ 415 Surabaya.

 

Kata kunci: buku cerita bergambar, keterampilan membaca, kelancaran, lafal dan intonasi.

 

 

Abstract: The purposes of this research were 1) to describe the use of picture storybook, 2) to describe the 1st grade student learning outcomes in the reading skill and 3) to overcome the constraints faced in reading using picture storybook. This research used the Classroom Action Research (CAR) design. Subjects in this research were the 1st grade students of Kebonsari II/415 State Elementary School of Jambangan subdistrict Surabaya City amounted to 37 students.  Instruments used for collecting the research data were in the forms of the teaching and learning activity implementation observation sheet, the student activity observation sheet and the student learning outcomes sheet.

The results obtained in this research were that the teaching and learning activity implementation observation in cycle I achieved 77.7% which later experienced increase in cycle II to 91.6%. Student activity also experienced enhancement from 73.7% in cycle I to 90.3% in cycle II. So with the student learning outcomes completeness experienced increase from 75.2% in cycle I to 90.4% in cycle II.  The constrains faced by the teachers less provide samples in reading. So in cycle I, the students are less fluent and less precise intonation in their reading. Due to substansdartd reading when doing the written test, many students could not do the test. Of the results obtained indicated that by the use of picture storybook could improve the fluent reading skill of the 1st grade students of Kebonsari II/415 State Elementary School of Surabaya.

Key words: picture storybook, reading skill, fluency, pronunciantion and intonation

Published
2013-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 13