PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA TEMA PERISTIWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN BABATAN V/460 SURABAYA

  • Nugraeni Febri Adiyanti

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi , menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru cenderung  menggunakan  metode ceramah dan  penugasan. Sehingga siswa mengalami kebosanan selama  proses pembelajaran disebabkan  karena guru hanya menggunakan sumber belajar dari dirinya dan  lembar kerja siswa dari sekolah. Sehingga pada penelitian ini peneliti memilih salah satu model pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Tujuan yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar  siswa  setelah  diterapkannya  model  pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) , dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi.. Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas II SDN SDN Babatan V/460 Kecamatan Wiyung Surabaya sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 20  siswa perempuan. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Sedangkan instrumen pengumpul data berupa Lembar Observasi Aktivitas Guru dan Siswa, Lembar Tes Evaluasi dan Lembar Catatan Lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan aktivitas guru pada Siklus I sebesar 66,7%, pada Siklus II  sebesar 83,3% dan mengalami peningkatan sebesar 16,6%  Aktivitas siswa pada Siklus I sebesar 62,5% ,pada Siklus II sebesar 87,5% dan mengalami peningkatan sebesar 25% . Ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I sebesar 66,6 % dengan nilai rata – rata 66,9  . Pada Siklus II ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 87,1 %  dengan nilai rata – rata 82,05  dan mengalami peningkatan pada tiap siklusnya.  Kendala yang dihadapi adalah siswa kurang termotivasi pada saat proses pembelajaran, dan  siswa kurang mempresentasikan hasil kerjanya dengan baik.  Kendala tersebut dapat diatasi dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat yakni model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada tema peristiwa dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar siswa.

 

Abstract: Based on observations , indicate that teachers in the learning process tend to use the lecture method and assignment . So students have plenty to do during the learning process due to the teacher only from his use of learning resources and student worksheets from school . So in this study the researcher chose one learning model that uses cooperative learning model TPS ( Think Pair Share ) . The goal is to describe the activities of the teacher , student activities , improving student learning outcomes after the implementation of cooperative learning model TPS ( Think Pair Share ) , and describes the obstacles faced by teachers in implementing cooperative learning model TPS ( Think Pair Share ). This study used study plan of Classroom Action Research (CAR) which consists of two cycles and each cycle consists of three stages: planning , implementation and observation and reflection. The subjects of this study were 39 second grade students of Babatan V/460 Surabaya contain 19 male and 20 female students. The research method applied in this study are the observation, tests, and field note . While the data collection instruments used student teacher observation activities, evaluation test, and field note. Data were analyzed with descriptive qualitative research. The results showed the teacher’s activities in the first cycle of 66,7 %, in the second cycle of 83,3% and an increase of 16,6% . Students activities in the first cycle of 62,5% ,in  the second cycle of  87,5% and an increase 25%. Thoroughness of students learning result the first cycle was 66,6% with an average value of 66,9 . In the second cycle of students learning result thoroughness was 87,1 % with an average value of 82,05 and has increased in each cycle. Constraints faced are less motivated students during the learning process, and students present their work less well. These obstacles can be overcome by using the appropriate learning model cooperative learning model TPS (Think Pair Share). It can be concluded that the application of cooperative learning model TPS (Think Pair Share) on the theme of the event can improve student learning outcomes.

Keywords : cooperative learning model TPS , student learning outcomes.


 

Author Biography

Nugraeni Febri Adiyanti
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 32