PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA KEGEMARAN

  • Nurul - Rahmawati

Abstract

 

Abstrak: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kegemaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw pada tema kegemaran dan hasil belajar keterampilan berbicara siswa melalui penggunaan metode bermain peran. Penelitian ini merupakan solusi terhadap rendahnya hasil belajar tema kegemaran siswa kelas II SDN Ngagel Rejo V/400 Surabaya. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw selama pembelajaran membawa peningkatan terhadap hasil belajar siswa khususnya tema kegemaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada tema kegemaran sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Ngagel Rejo V/400 Surabaya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.

 

Abstract: Cooperative Learning model Type Jigsaw to Increase Theme Studying Result Hobby. This research intent to know teacher and student activity up to cooperative model learning type jigsaw on hobby theme and skill studying result converses student via purpose method to play role. This research constituted solution to its low result studies student hobby theme class II State Elementary School Ngagel Rejo V/400 Surabaya. By applying cooperative learning model type jigsaw up to learning take in step-up to usufruct student studying in particular hobby theme. Finding observation to point out that cooperative learning model type jigsaw on hobby theme so effective increase student studying result class II SDN Ngagel Rejo V/400 Surabaya.

Keywords: Cooperative Learning Model Type Jigsaw, Learned result

Author Biography

Nurul - Rahmawati
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 56