PENGGUNAAN MEDIA TORSO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Oktavia Putri Rahmawati

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini berangkat dari sebagian besar siswa kelas V SD Hang Tuah 3 Surabaya memperoleh hasil belajar IPA yang rata-rata berada di bawah kriteria ketuntasan minimal sebesar ≥ 75, hal ini dikarenakan guru jarang menggunakan dan memanfaatkan  alat peraga dan sumber belajar, belum lagi kurangnya variasi metode yang digunakan dalam pembelajaran serta penerapan pembelajaran yang menggunakan sistem menghafal sehingga kurang menarik minat anak. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, maka perlu adanya pemecahan masalah melalui penggunaan media torso. Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Hang Tuah 3  Surabaya dengan menggunakan media torso; (2) Mendeskripsikan aktivitas guru kelas V SD Hang Tuah 3  Surabaya dalam pembelajaran dengan menggunakan media torso; (3) Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas V SD Hang Tuah 3  Surabaya dalam pembelajaran dengan menggunakan media torso.Penelitian ini menggunakan PTK yang terdiri atas dua siklus dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I sampai Siklus II terdiri dari dua kali pertemuan tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Hang Tuah 3  Surabaya yang berjumlah 39 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media torso, hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas V pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada Aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari 72,39% pada Siklus I menjadi 91,67% pada Siklus II. Sedangkan Persentase aktivitas siswa pada Siklus I adalah 75,89% dan pada Siklus II memperoleh persentase 89,29%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan media torso dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Hang Tuah 3 Surabaya.

Kata Kunci : Media torso, IPA, Hasil Belajar.

 

 

Abstract: The Background of this study begin from most of the fifth grade students of Hang Tuah 3 Elementary School Surabaya had science learning result that are on average below the minimum completeness criteria of 75, this is because teachers rarely use and utilize props and learning resources, not to mention lack of variation in the methods used in teaching and learning application which uses a system of memorizing that less attractive child. Those leads to low student learning result, therefore need solution to solving the problem through the use of media torso. The purpose of this study are ( 1 ) to improve student learning result of fifth grade Hang Tuah 3 Elementary School Surabaya using media torso; ( 2 ) to describe the teacher activity of the fifth grade Hang Tuah 3 Elementary School Surabaya in learning by using media torso; ( 3 ) to describe the student activity of the fifth grade Hang Tuah 3 Elementary School Surabaya in learning by using media torso.This study use Classroom Action Research that consisted of two cycles of the research procedures that are planning, implementation, observation, and reflection. Cycle I to Cycle II consisted of twice meetings each cycle. The data analysis techniques used observation and tests. The subjects of this study are fifth grade students in Hang Tuah 3 Elementary School Surabaya that amounted 39 students.These results was indicated by using a medium torso, cognitive, affective and psychomotor fifth grade student learning result in science subjects increased each cycle. In teacher activity also increased from 72.39 % in Cycle I to 91.67 % in Cycle II. While the percentage of student activity in the first cycle was 75.89 % and the percentage of Cycle II gained 89.29 %. The result showed that the use of media torso increased student learning result in the fifth grade science studies in Hang Tuah 3 Elementary School Surabaya.

Keywords: torso media, natural science, learning results.


 

 

 

Author Biography

Oktavia Putri Rahmawati
jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 266
PDF Downloads: 64