UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS IV SDN KRAMATTEMENGGUNG II KEC.TARIK SIDOARJO

  • Putri Nilan Sari

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi pada kegiatan pembelajaran IPA yang diadakan di kelas IV SDN Kramattemenggung II Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kramattemenggung II Tarik. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kramattemenggung II Tarik yang berjumlah 12 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Data observasi aktivitas guru dan siswa pada penerapan model pembelajaran langsung dianalisis dalam bentuk persentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar klasikal.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan sebesar aktivitas siswa sebesar 28,20%, yaitu dari 63,75% pada siklus 1 menjadi 91,95% pada siklus 2. Aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 18,75% yaitu dari 76,25% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 11,25% , yaitu dari 71,66% pada siklus I menjadi 82,91%pada siklus II. Aspek afektif siswa megalami peningkatan sebesar 11,20% yaitu dari siklus I sebesar 72,32% menjadi 83,55% pada siklus II. Sedangkan aspek psikomotor siswa mengalami peningkatan  sebesar 12,25% yaitu dari siklus I sebesar 74,05% menjadi 86,30% pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan bagi guru SD untuk mencoba menerapkan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa, 1) Sebaiknya guru memilih strategi pembelajaran yang tepat, seperti model pembelajaran langsung dalam mengajarkan konsep IPA, agar siswa lebih termotivasi untuk mengikuti pembelajaran IPA. 2) Guru terus mengembangkan penerapan model pembelajaran langsung dalam mata pelajaran IPA.

Kata kunci : model pembelajaran langsung, IPA, hasil belajar.

 

Abstract: Based on observations on mathematics learning activities held in class IV SDN Kramattemenggung II. This study aimed to describe the effect of direct application of learning models in learning science in the fourth grade II Tarik Kramattemenggung SDN. The subjects were all students in the fourth grade II Pull SDN Kramattemenggung totaling 12 students. This type of research is action research that consists of 2 cycles. Each cycle is carried out through four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection on each cycle. Data were obtained through observation and tests. Data observation activities of teachers and students on the application of direct instructional model is analyzed in terms of percentage. Student achievement test data were analyzed based on the percentage of mastery learning classical. The results showed that the activities of the students during the learning experience of the student activity increased by 28.20 %, from 63.75 % to 91.95 % cycle 1 to cycle 2 . Activities of teachers has increased by 18.75 % ie from 76 , 25 % in the first cycle to 95 % in the second cycle . Mastery learning in classical students has increased by 11.25 % , from 71.66 % to 82.91 % first cycle to the second cycle . Affective aspects of students megalami an increase of 11.20 % from the first cycle of 72.32 % to 83.55 % in the second cycle . While the psychomotor aspects of students has increased by 12.25 % from the first cycle of 74.05 % to 86.30 % in the second cycle . Based on this study , it is suggested for primary school teachers to try to apply the model of direct instruction in science learning to improve student learning outcomes , 1 ) recommend that teachers select appropriate learning strategies , such as direct instructional model for teaching science concepts , so students are more motivated to keep learning IPA . 2 ) The teacher continues to develop the application of direct instructional model in teaching science.

Keywords: direct instructional model, science learning, learning result.

Author Biography

Putri Nilan Sari
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 40