PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS III SDN JERUK II SURABAYA

  • Rachma - Malik

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi ketika proses pembelajaran yang dilakukan di kelas III  SDN Jeruk II, Surabaya, guru masih menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu pola pengajaran masih dengan tahapan guru memberikan informasi, guru memberikan contoh soal, kemudian guru memberikan latihan soal. Guru masih belum menggunakan model yang tepat untuk materi yang akan disampaikan. Sehingga kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran kurang optimal. Siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu masalah yang ada dalam pembelajaran di SDN Jeruk II, Surabaya adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas III SDN Jeruk II Surabaya. (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas III SDN Jeruk II Surabaya. (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas III SDN Jeruk II Surabaya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Proses dan langkah – langkah penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I 86% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,45%. Adapun aktivitas siswa juga mengalami dari 69,8% peningkatan menjadi 92,5%. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah juga mengalami peningkatan. Pada siklus I mencapai 48,78% dan pada siklus II mencapai 85,36%. Peningkatan tersebut merupakan peningkatan dalam hasil belajar pada akhir pembelajaran setiap siklus.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model pembelajaran berbasis masalah, Luas, Persegi dan persegi panjang.

 

Abstract: This research is motivated when the learning process is done in class III SDN Jeruk II , Surabaya , teachers are still using conventional learning , the teaching pattern is to stage the teacher provided information , gives an example about teachers , then teachers give exercises . Teachers still do not use model suitable for the material to be delivered . So that learning activities still centered on the centerd on the teacher’s lead. This makes student involvement in learning activities less optimal. Student become less active in learning. The one of problem that exist in learning process at SDN Jeruk II Surabaya, is the low learning outcomes of students in the subject matter mathematics . This research is aimed to : ( 1 )To describe the activities of teachers in applying problem - based learning model at third grade students in SDN Jeruk II Surabaya. ( 2 ) Describe the activities of students in applying problem -based learning model at third grade students II Surabaya. ( 3 ) Describe the learning outcomes of students in applying problem -based learning model at third grade students SDN Jeruk II Surabaya method used in this research is descriptive quantitative research design class. Prosses and measures research started from the planning stage, action, observation and reflection. Data were obtained from observation and achievement test . The results showed that the activity of teachers 86 % in the first cycle and the second cycle increased to 94.45 % . The activities of the students also experienced an increase of 69,8 % to 92.5 % . Student learning outcomes using problem -based learning model also increased . In the first cycle reached 48.78 % and the second cycle reached 85.36 % . This increase represents an increase in learning outcomes at the end of each cycle of learning.

Keywords: Learning outcomes , problem-based learning  model , area , square and rectangular .


 

Author Biography

Rachma - Malik
Jurusan s1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 431