PENGGUNAAN MEDIA FLIPCHART UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS DESKRIPSI KELAS IV SDN GUNUNG ANYAR TAMBAK

  • Rachmad - Himawan

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa serta kendala-kendala yang dialami selama pembelajaran berlangsung pada materi hubungan antara pekerjaan seseorang dengan lokasi tempat tinggal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS dalam tema jenis-jenis pekerjaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gunung Anyar Tambak yang berjumlah 25 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas  yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi pelaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar dan catatan lapangan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada siklus I pertemuan 1, pelaksanaan pembelajaran mencapai persentase 93,7% dengan nilai ketercapaian sebesar 75,7. Pada siklus I pertemuan 2, pelaksanaan pembelajaran mencapai persentase 94,4% dengan nilai ketercapaian sebesar 77,7. Sedangkan pada siklus II, terjadi peningkatan dengan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus II pertemuan 1,.mencapai persentase 100% dengan nilai ketercapaian sebesar 85,1. Pada siklus II pertemuan 2, pelaksanaan pembelajaran mencapai 100% dengan nilai ketercapaian sebesar 91,6. Hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gunung Anyar Tambak/628 Surabaya juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada nilai hasil belajar siswa pada siklus I 72% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 74,4. Sedangkan pada siklus II, nilai hasil belajar siswa yang tuntas 92% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 84,8. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media flipchart dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi kelas IV SDN Gunung Anyar Tambak Surabaya.

Kata Kunci: Media, Flipchart, Hasil Belajar.

Abstract: This research aimed to describe learning implementation, student learning results and problems that experienced during learning take place on the relation of one’s occupation with home location matter on Indonesian, Science, and Social study subjects on occupation type theme. The research subject are fourth grade student of State Elementery School Gunung Anyar Tambak/628 Surabaya that amounted of 25 students. Research design that applied are class action research that consisted of two cycles. Every cycle conducted through several stages namely planning, implementation, and observation also reflection. Research data obtained through learning implementation observation, learning result test and field note. Research data analyzed by applying descriptive qualitative and quantitative approach. Research result showsed that on first cycle of first meeting, learning implementation reach percentage of 93.7% with achievement score as big as 75.7. On first cycle second meeting, learning implementation reach percentage of 94.4% with achievement score as big as 77.7. While on second cycle first meeting, there was an improvement on learning implementation results on second cycle first meeting, reach percentage 100% with achievement score as big as 85.1. On second cycle second meeting, learning implementation reach percentage of 100% with achievement score as big as 91.6. The learning result of writing description on fourth grade student of SDN Gunung Anyar Tambak/628 Surabaya also experience improvement. It can be seen from student learning result on first cycle 72% with class mean score as 74.4. While on second cycle, student learning result score that complete was 92% with class mean score as 84.8.The conclusion of this researc are the application of flipchart media can improve the skills of writing description on fourth grade student of SDN Gunung Anyar Tambak/628 Surabaya.

Keywords: Media, Flipchart, Learning Result.

 

Author Biography

Rachmad - Himawan
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 29