PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Retno - pritasari

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran dan tidak melibatkan siswa secara langsung. Hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya keterampilan menyimak cerita siswa. Tujuan yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menyimak cerita, mendeskripsikan hasil belajar menyimak cerita siswa, serta mendeskripsikan kendala yang dialami selama pelaksanaan pembelajaran menyimak cerita dengan menggunakan media film kartun dan cara mengatasinya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas).Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan catatan lapangan.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Candipari II Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai ketercapaian yang diperoleh sebesar 68,12 dan siklus II sebesar 84,06. Keterampilan menyimak cerita siswa juga meningkat. Pada siklus I ketuntasan belajar klasikal siswa yang diperoleh sebesar  72,97% dan siklus II sebesar 97,29%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan pemenuhan pada setiap indikator keberhasilan.

Kata Kunci: menyimak cerita, media film kartun, hasil belajar.

 

 

Abstract : Based on the observation, it is indicated that in the learning process, teacher does not use learning media and does not get the students involved directly. These situations decrease did students’ listening to a story skill. The objectives of his researcher are to describe learning activity , to describe students’ listening to a story practices, and to describe the problems that happen during the learning of listening to a story using media cartoons and the problem solving. The research design used was Classroom Action Research (CAR). Data collection techniques used were observation, test and field note. Data analysis techniques used were descriptive qualitative and quantitative. The research subject was the teacher and students of fifth grade of SDN Candipari II Sidoarjo. The research result showed that there is an improvement in learning activity. In the cycle I, comprehensiveness score was 68,12 and in cycle II is 84,06. Students’s paragraph writing skill increases as well. In the cycle I students’ learning results with the classical completeness reach 72,97% and in the cycle II reach 97,29%. Furthermore, the result showed that the indicators of accomplishment are fulfilled.

Keywords: listening to a story, media cartoons, learning result.

Author Biography

Retno - pritasari
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Abstract Views: 287
PDF Downloads: 262