PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS IV SDN TEMBOK DUKUH III-85 SURABAYA

  • Rini - Widiastuti

Abstract

 

Abstrak: Bahasa merupakan sarana yang penting dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu perlu diajarkan di sekolah, demikian juga di sekolah dasar. Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun secara tertulis. Hasil observasi memperlihatkan bahwa, hasil belajar siswa kelas IV SDN Tembok Dukuh III-85 Surabaya dalam menulis deskripsi masih rendah. Hal ini terjadi karena penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat, yaitu hanya bersumber pada buku paket dan siswa hanya duduk diam di dalam kelas tanpa mengetahui objek langsung sehingga siswa mengalami kejenuhan di dalam menulis karangan deskripsi.Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan catatan lapangan. Sedang penganalisaan data dengan deskriptif kualitati dan kuantitatif. Hasil pelaksanaan pada siklus I adalah persentase aktivitas guru sebesar 70,3% dan hasil belajar siswa sebesar 70,3%. Sedangkan hasil pelaksanaan pada siklus II adalah persentase aktivitas guru sebesar 88,2% dan hasil belajar siswa sebesar 88,9%.

Kata Kunci: menulis deskripsi, media gambar.

 

 

Abstract: Language is an important tool in human life . Therefore need to be taught in schools, as well as in primary schools. In accordance with the Education Unit Level Curriculum, learning Indonesian aimed to improve students' ability to communicate using the Indonesian language properly and correctly, both orally and in writing. Observation results show that, the results of the fourth grade students of SDN Tembok Dukuh III - 85 Surabaya in writing a description of the still low. This occurs due to the use of a less appropriate learning model , which only comes on textbooks and students just sit in class without knowing the direct object so that students experience boredom in the essay writing descriptions. The purpose of action research is to describe the activity of this class of teachers and students during the learning progress by using direct instructional model and describes the obstacles encountered during the learning process. This type of research is a classroom action research ( CAR). This study aims to improve the performance of teachers that can ultimately improve student learning outcomes in writing descriptions using a direct instructional model. Method of data collection was done by using observation , testing and field notes. Currently analyzing the data with descriptive and quantitative kualitati.Results of the implementation of the first cycle is the percentage of activity at 70.3 % teacher and student learning outcomes by 70.3 % . While the results of the implementation of the second cycle is the percentage of activity of 88.2 % of teachers and students of 88.9 %.

Keywords: description writing, image media.


 

Author Biography

Rini - Widiastuti
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 34