PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN KRIAN IV SIDOARJO

  • Rizky - Permatasari

Abstract

Abstrak: Dari hasil pengamatan, diketahui penyebabnya yaitu belum digunakannya media benda konkret sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa dan belum pahamnya siswa tentang keterampilan menulis deskripsi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret, mendeskripsikan hasil belajar keterampilan menulis deskripsi siswa dan mendeskripsikan kendala apa saja yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi dalam pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, tes dan catatan lapangan.Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pengamatan aktivitas guru mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata aktivitas guru 78,9% sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas guru 93,49% terjadi peningkatan sebesar 14,59%. Pada aktivitas siswa, siklus I rata-rata aktivitas siswa 75,31%, siklus II 89,37% terjadi peningkatan sebesar 14,06%. Hasil tes siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata kelas 68,1 sedangkan pada siklus II 82,1. Simpulan peneliti adalah penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Krian IV Sidoarjo

Kata Kunci: Media Benda Konkret, Keterampilan Menulis, Menulis Deskripsi

 

 

Abstract : From the observation of unknown cause that was not the media use concrete objects in an effort to improve students writing skills description and not understand her students writing skills description. The purpose of this study was to describe the application of learning was by using concrete objects media. Describe the learning outcomes of students writing skills description and describe what happened obstacles and how to overcome in learning bt using concrete objects media. This study uses action research design conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques used namely the observation teacher activity, student activity, test and field notes. The collected data were analyzed using quantitative and qualitative analysis technique. The results showed that the activity of the teacher observation process has increased. In the first cycle of  the average teacher activity 78,9%, while in the second cycle of the average teacher activity 93,49% an increase of 14,59%. On student activity, the first cycle of the average studenttt activity 75,31%, 89,37% second cycle an increase of 14,06%. The test results also increased, in the first cycle of the average grade of 68,1 while in the second cycle of 82,1. Conclusion of researchers was the use of concrete objects in a learning media can improve writing skills description fourth graders four public elementary schools Krian Sidoarjo.

Keywords: Concrete objects media, Writing skills, Writing descriptions.


Author Biography

Rizky - Permatasari
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 26