PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN

  • Siti - Ismawati

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis laporan pengamatan dengan memanfaatkan lingkungan sekolah. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian dilaksanakan dengan bersiklus yang meliputi tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran, ketercapaian pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa dan ketuntasan klasikal. Pada siklus I pertemuan 1 keterlaksanaan pembelajaran memperoleh presentase 100%  dengan ketercapaian 66,67 dan pertemuan 2 memperoleh presentase 100% dengan ketercapaian 73,75. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 keterlaksanaan pembelajaran memperoleh presentase 100% dengan ketercapaian 94 dan pertemuan 2 memperoleh presentase 100% dengan ketercapaian 96,25. Pada siklus I rata-rata pencapaian KKM siswa yaitu 60,07  dengan ketuntasan klasikal 65,85% dan siklus II mencapai rata- rata pencapaian KKM 78,42 dengan ketuntasan klasikal 95,12%. Kendala yang muncul dalam proses pembelajaran adalah guru kurang mampu mengontrol aktivitas siswa secara kesuluruhan, ketidaktepatan waktu mengajar dan kurangnya penguasaan kelas sehingga beberapa siswa yang ramai saat guru mengajar. Akan tetapi  kendala- kendala tersebut  dapat diatasi dengan baik.

Kata kunci : Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar, Menulis Laporan Pengamatan

 

 

Abstract: The objective of this study is to improve the students learning outcomes in writting observation reports using the school environment . This research design used Action Class Research. The research’s procedure was done by cyclic which include 3 steps such as planning, action and observation and also reflection. Cycle colletion’s techniques are observation, tests and field notes The research finding show that the use of mind map technique able to improve the implementation of learning, activity achievement in the implementation of learning, students outcomes and classical completeness. In the cycle I meeting 1 the implementation of learning gets 93% percentage with 66,67 achievement and in the meeting 2 implementation of learning gets 100% percentage with 73,75 achievement. Meanwhile in cycle II meeting 1 the implementation of learning gets 100% with 94 achievement and in the meeting 2 gets 100% percentage with 96,25 achievement. In the cycle I the achievement average of student’s Minimum Completeness Criteria is 60,07 with 65,85% classical completeness. And cycle II reachs 78,42 Minimum Completeness Criteria achievement average with 95,12% classical completeness. Beside that, the obstacles that be found in the learning activity can be ovecome well. The obstacles that appears in the learning proscess are the teachers unable to control the activities a whole student, imprecision and lack of mastery time teaching so there are some students who still make noisy when the teacher is teaching. But  the obstacles that be found in the learning activity can be ovecome well.

Keywords : School Environment, Learning Resources, Writting Observation Reports.

Author Biography

Siti - Ismawati
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 446