MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENENTUKAN JARING-JARING KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MEDIA KARTON BERPETAK KELAS V SDN JETIS 2 MOJOKERTO

  • Sri - Purwati

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan guru sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dengan menggunakan media karton berpetak pada materi jaring-jaring kubus dan balok kelas V SDN Jetis 2 Mojokerto. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian diskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Jetis 2 Mojokerto 33 siswa.penelitian dilakukan selama siklus 2, setiap siklus 2 pertemuan. Hasil penelitian aktivitas guru selama mengajar mengalami peningkatan selama dua siklus, pada siklus I yaitu 74,45%, pada siklus II meningkat sebesar 18,75% menjadi 93,2%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus II yaitu meningkat sebesar 21,88% dari 71,87% menjadi 93,75%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media karton berpetak pada pembelajaran jaring-jaring kubus dan balok menunjukkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar mengalami peningkatan disetiap siklusnya dan memenuhi indikator keberhasilan.Kesimpulkan dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan media karton berpetak dapat membantu meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa tentang materi menentukan jaring-jaring kubus dan balok pada kelas V SDN Jetis 2 Mojokerto sebesar dapat meningkat dengan baik.

Kata kunci : Media Karton Berpetak, Jaring-Jaring Kubus dan Balok, Hasil Belajar.

 

Abstract: The purpose of this study was to describe the learning steps used by teachers in an effort to improve students' ability to use the media on cardboard checkered cube nets material and grade beams SDN Jetis 2 Mojokerto . In addition , this study aims to improve student learning outcomes .The method used in this research is descriptive quantitative research methods . Subjects in this study were teachers and fifth grade students of SDN Jetis 2 Mojokerto 33 siswa.penelitian performed for 2 cycles , each cycle 2 meeting .The results of the research activities of teachers for teaching has increased during the two cycles , the first cycle is 74.45 % , the second cycle increased by 18.75 % to 93.2 % . The increase also occurred in the student activity of the first cycle to the second cycle is increased by 21.88 % from 71.87 % to 93.75 % . It can be concluded that the use of instructional media on cardboard checkered cube nets and beam shows teacher activity , student activity and learning outcomes have increased in every cycle and meet the indicators of success .Kesimpulkan in this study is that the use of checkered cardboard media can help increase the activity of teachers and students in learning so that the students learn about the material determines cube nets and beams in the fifth grade at SDN Jetis 2 Mojokerto can be increased by either .

Keywords : Media checkered Carton , Net - Net Cube and Blocks , Learning Outcomes

 

 

Author Biography

Sri - Purwati
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 1460
PDF Downloads: 77