PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II SD ALUSIS PETRA SEJAHTERA SURABAYA

  • Suhartatik - -

Abstract

Abstrak: Pembelajaran IPA bukan hanya pengumpulan penguasaan berupa fakta dan konsep, tetapi diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari, serta dapat mengembangkan perilaku berkarakter , keterampilan sosial dan meningkatkan hasil belajar secara optimal. Dalam pelaksanaannya, media tiga dimensi sangat disukai oleh siswa karena modelnya sangat menarik dan membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini yang membuat hasil belajar siswa meningkat. Di SD Alusis Petra  Sejahtera Surabaya , data di lapangan menunjukkan hanya 1 siswa yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu peneliti mengharapkan agar guru berupaya untuk menggunakan media dalam semua mata pelajaran, terutama pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan tiap siklus yaitu: perencaan (penyusunan rencana pembelajaran) , pelaksanaan tindakan (penerapan rancangan pembelajaran), pengamatan (mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran), dan refleksi (mengungkapkan kembali kegiatan yang telah dilakukan guru dan siswa di dalam kelas) . Yang menjadi subyek dan tempat penelitian adalah siswa – siswi SD Alusis Petra Sejahtera Surabaya. Untuk pengambilan data dilakukan dengan observasi dan tes. Data yang diperoleh di lapangan kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I adalah 63% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 69% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 50% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar afektif siswa pada siklus I adalah 68% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I adalah 63% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dikatakan berhasil.

Kata Kunci: Media Tiga Dimensi, Hasil Belajar.

 

 

Abstract: Learning Science is not just the collection of facts and mastery of concepts, but is expected to be a vehicle for students to learn about themselves and the environment as well as their applicability in everyday life, and to develop character behavior, social skills and improve learning outcomes are optimal. In doing so, a three dimensional medium is preferred by students because the model is extremely attractive and make students more enthusiastic in participating in learning. The thing that makes students learning outcomes improved. In Alusis Petra Sejahtera Elementary School Surabaya, field data showed only one students who has not reached the Completeness Maksimum Criteria. By researchers because it is expected that teachers attempt to use the media in all subjects, especially Science lessons.. This research is done 2 cycles with each cycle stages, namely: planning (preparation of lesson plans), implementation of the action (application of instructional design), observation (observe the activities of teachers and students during the learning proces) and reflection (revisits the activities that have been carried out teachers and students in the classroom) . Who is the subject and the research is Elementary School Alusis Petra Sejahtera students Surabaya. For the retrieval of data shall be done by observation and tests. Data obtained in the field and then analyzed by using the formula. The results showed that the activity of teachers in the first cycle was 63% rising to 86% in the second cycle. Activities of students in the first cycle was 69% increasing to 85% in the second cycle. Mastery of cognitive learning outcomes of students in the first cycle was 50% rising to 90% in the second cycle. Increase in Affective students learning outcomes in the first cycle was 68% rising to 86% in the second cycle. Increased psychomotor learning outcomes of students in the first cycle was 63% rising to 86% in the second cycle. From these data it can be concluded that the use of three dimensional media to improve student learning resulth Science is successful.

Keywords: Three Dimensional Media, Learning Result.


 

 

Author Biography

Suhartatik - -
jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 12