PEMANFAATAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS II SDN RANGKAH VI / 168 SURABAYA

  • Sri - Wahyuni

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan siswa kelas IIB SDN Rangkah VI /168 Surabaya yang masih belum mampu mengembangkan ide atau gagasan yang dimiliki.Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, mendeskripsikan hasil belajar, dan mendeskripsikan kendala-kendala yang ditemui. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi.Penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan media benda kongkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis deskripsi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar dalam menyelesaikan tugas mengalami peningkatan pada siklus I dan II. Pada siklus I ketuntasan klasikal siswa mencapai 72.5%, dan pada siklus II ketuntasan klasikal siswa mencapai 95%. Kendala yang ditemukan observer dan guru seperti masih ada siswa yang menggunakan bahasa ibu dalam menemukan kosa kata yang sesuai dengan objek yang dideskripsikan dan siswa masih malu-malu dalam mempresentasikan hasil kedepan kelas.

Kata Kunci: Pembelajaran Menulis, Media Benda kongkret, hasil belajar.

 

 

Abstract: This research is motivated by the existence of the problem IIB grade students of SDN Rangkah VI / 168 Surabaya who still have not been able to develop an idea or ideas that dimiliki.Tujuan to be achieved in this research is to describe the implementation of learning , describes the study results , and describes the obstacles encountered . This study uses action research design that each cycle is carried out through three stages : planning , execution and observation , as well as learning to use the media refleksi.Penerapan concrete objects can improve student learning outcomes in writing descriptions . This is evidenced by the results of learning in completing tasks increase in cycle I and II . In the first cycle classical completeness students reached 72.5 % , and the second cycle students classical completeness reaches 95 % . Problems were found observer and teacher as there are students who use the mother tongue in finding appropriate vocabulary to describe objects and students still shy in presenting the results of the next class.

Keywords: Learning Writing, Media Objects concrete, learning outcomes.


 

 

Author Biography

Sri - Wahyuni
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 183