PEMANFAATAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT MOZAIK PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Sukma Vavilya Ambarwati

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kreativitas siswa, hal ini dapat dilihat dari prilaku siswa yang masih belum berani menuangkan ide kreativitasnya dalam hasil karya yang dihasilkannya.Dalam berkreasi senirupa bagi anak SD hal  yang penting dalam kegiatan berkarya adalah kreativitas siswa dalam menghasilkan karya tersebut bukan kualitas dari hasil karya. Guru harus dapat memberikan motivasi agar dapat mengembangan kreativitas siswa. Pada penelitian ini, peneliti memilih kegiatan berkreasi dengan memanfaatkan bahan alam lingkungan sekitar untuk dijadikan sebuah karya unik, dan memiliki daya tarik tersendiri.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Dukuh Pakis I Surabaya yang berjumlah 25 0rang siswa.Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, serta mendiskripsikan peningkatan kreativitas keterampilan membuat karya mozaik siswa.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berpendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk memperoleh data melalui metodeobservasi, tes unjuk kerja, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalis dan disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian berupa aktivitas guru dan siswa, kreativitas siswa dalam membuat karya, serta respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakanselama tiga siklus. Aktivitas guru selama 3 siklus menunjukkan peningkatan 11,3% dengan siklus terakhir mencapai 97,3%. Aktivitas siswa selama 3 siklus menunjukkan peningkatan  6,6% dengan hasil siklus trakhir mencapai 92,2%. Kreativitas siswa dalam mebuat karya mozaik juga mengalami peningkatan dengan peningkatan rata-rata klasikal 15 dan hasil siklus terakhir mencapai 86,88, serta presentase ketuntasan klasikal terakhir mencapai 92%. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan kreativitas secara bertahap dengan hasil akhirnya melebihi indikator ketercapaian.

Kata kunci: Kreativitas, Mozaik, Bahan Alam

Abstract: This research is conducted because of students’ low creativity, this can be identified from students’ behaviour; they were afraid of putting their ideas in their art works. The most important thing in doing art works for elementary school students is students’ creativity of creating their masterpiece, not the quality of the woks. Teacher should be able to motivate the students so that they can develop their creativity. In this study, the Reseacher decided to choose art work activity using natural surrounding materials to be compiled as a unique masterpiece and has its own delicate attractiveness. The research subject is the 25 students of fifth grader in SDN Dukuh Pakis I Surabaya. This study trid to describe teachers’ and students’ activity in teaching-learning process and to describe the increase of students’ creativity to make mosaic art works. The data analysis techniques were using qualitative and quantitative approach. To collect data, the Researcher uses observation, test, and interview. The date was analyzed and interpreted qualitatively and quantitatively. The result was in the form of teachers’ and students’ activity, students’ creativity in making an art work, and students’ respond toward the teaching-learning process which was run in three cycle. In three cycles, the teachers’ activity was 11.3% increased and in the last cycle it reached out 97.3% In three cycles, students’ activity was 6.6% increased and in the last cycle, it reached out 92.2%. Students’ creativity in making mosaic increased as well with classical mean equal to 15 and the last cycle’s result reached 86.88 and the classical completeness percentages reached out 92%. This shows that there the creativity is increasing gradually and the result goes beyond completeness indicators.

Keywords: Creativity, work Mosaic, Natural Materials

Author Biography

Sukma Vavilya Ambarwati
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 109