MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENENTUKAN NILAI TEMPAT RATUSAN, PULUHAN DAN SATUAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN KARTU BILANGAN DI KELAS II SDN SEMEMI I KECAMATAN BENOWO SURABAYA

  • TIAMIN Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pembelajaran yang bermakna akan membawa siswa pada pengalaman belajar yang mengesankan. Pengalaman yang diperoleh siswa akan semakin berkesan apabila proses pembelajaran yang diperolehnya merupakan hasil dari pemahaman dan penemuannya sendiri. Dalam konteks ini siswa mengalami dan melakukannya sendiri. Proses pembelajaran yang berlangsung melibatkan siswa sepenuhnya untuk merumuskan sendiri suatu konsep. Keterlibatan guru hanya sebagai fasilitator dan moderator dalam proses pembelajaran tersebut. Berdasarkan pengamatan awal terhadap proses pembelajaran matematika kelas II di SDN Sememi I Kecamatan Benowo Surabaya diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran matematika, guru belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai, sehingga hasil belajar siswa yang kurang dari standar criteria sekolah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media kartu bilangan pada  siswa kelas II SDN Sememi I Kecamatan Benowo Surabaya, hasil menulis puisi bebas siswa serta kendala-kendala dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus dilaksanakan selama 1 pertemuan. Kedua siklus tersebut terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan  catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan aktivitas guru mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 76,6% dan siklus II meningkat menjadi 92,2%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 78,6%, dan siklus II meningkat menjadi 89%. Sementara itu, ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 68,3% dan siklus II meningkat menjadi 92,2%. Kendala-kendala yang dihadapi adalah cara menguasai kelas dan pengelolaan waktu pembelajaran, cara mengatasinya denga meninjau kembali pengelolaan waktu pembelajaran dan membuat solusi kemudian diterapkan pada pembelajaran selanjutnya. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci : Media Kartu Bilangan, Matematika

Abstract: Meaningful Learning will bring student to experience learn getting an impression. Experience obtained a student will progressively impressing if process of study which obtain of representing result from own invention and understanding. In this context is student experience of and own. Process study that goes on entangle full student to formulate by xself concept. Involvement learn only as fasilitator and moderator in course of the study. Pursuant to perception early to process of study of mathematics of class of II in SDN Sememi I of Subdistrict of Benowo Surabaya obtained information that during process of mathematics study, teacher not yet used media of appropriate study, so that result of learning the student which less than standard of criteria school. target of this Research to describe of teacher activity, activity of student and result of learning student in study by using media of card of number at student of class of II SDN Sememi I of Subdistrict of Benowo Surabaya, result of writing free poem student and also its way to overcome and constraints. This research use classroom action research (CAR), what is the two of cycle, each;every cycle executed during 1 meeting. the Cycle second consisted of the planning phase, execution, and refleksi perception. Technique data collecting in this research use observation technique, field note tes and. Data gathered to be analysed by using descriptive method qualitative and quantitative. Result of research indicate that percentage of teacher activity experience of improvement at cycle of I that is 76,6% and cycle of II mount to become 92,2%. activity of Student experience of improvement at cycle of I that is 78,6%, and cycle of II mount to become 89%. Meanwhile, complete of clasikalat cycle of
I that is 68,3% and cycle of II mount to become 92,2%. Constraints faced is the way of mastering class and management of study time, its way to overcome is denga revise management of time of study and make solution is later;then applied at study hereinafter. that use of media of card of number can improve result learn student mathematics.

Keyword : Media of Number Card, Mathematics

 

 

Published
2013-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 29