PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TRANSPARANSI BERGARIS

  • Wiwit - Wahyuningdya

Abstract

Abstrak: Hasil belajar adalah sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Hasil belajar menunjukkan tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran. Hasil belajar yang tinggi menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran dapat tecapai. Sebaliknya hasil belajar yang rendah menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran tidak tercapai. Fakta tersebut yang ditemukan oleh peneliti pada siswa kelas V SDN Simokerto I Surabaya, khususnya pada indikator perkalian dan pembagian pecahan. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa ketuntasan yang dicapai oleh siswa di bawah 50% dari 37 siswa. Sedangkan keberhasilan klasikal yang seharusnya dicapai adalah 80% dari seluruh jumlah siswa. Berdasarkan permaalahan tersebut maka upaya yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran. Adapun media yang digunakan adalah media transparansi bergaris. Dalam penelitian ini akan dibahas : 1) bagaimana aktifitas guru dalam meningkatkan hasil belajar operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan dengan menggunakan media transparansi bergaris. 2) bagaimana aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru. 3) bagaimana hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian pecahan dengan menggunakan media transparansi bergaris. Pada penelitian ini dilakukan penelitian tindakan kelas  ( PTK ) yang datanya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan serta dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi terhadap aktifitas guru dan siswa dan data hasil belajar siswa terhadap materi ang telah dipelajai yang diperoleh melaluites ang diberikan pada akhir pembelajaran tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan aktifitas guru dan siswa sudah sesuai dengan indikator yang ditentukan dan hasil belajar siswa meningkat 18,92% yaitu dari 72,97% pada siklus I meningkat menjadi91,89% pada siklus II. Dengan demikian maka media transparansi bergaris dapat meningkatkan hasil belaja siswa pada materi perkalian dn pembagian pecahan.

Kata Kunci: hasil belajar, ketuntasan, perkalian pecahan, pembagian pecahan, dan media transparansi bergaris..

 

 

Abstract: Learning outcomes as a measure of success is learning . Study results indicate the level of achievement of learning objectives . The results indicate that a high learning objectives can beachieved. . Conversely a low learning results show that the learning objectives are not achieved . The facts found by researchers at the fifth grade students of SDN Simokerto I Surabaya , especially on indicators of multiplication and division of fractions . The results indicated that students learned mastery attained by students under 50 % of the 37 students . While the classical success that should be achieved is 80 % of the total number of students. Based on this problem the efforts made by researchers would was to use the media in the learning process . The medium used was the medium transparent stripes. In this study would be discussed : 1 ) how the activities of teachers in improving learning outcomes arithmetic operations of multiplication and division of fractions by using a striped media transparency . 2 ) how the activities of students in the following study conducted by the teacher . 3 ) how the student learning outcomes in the material multiplication and division of fractions by using a striped media transparency . In this research, classroom action research ( CAR) quantitative data were analyzed descriptively. This study was conducted in two cycles . Where each cycle consisted of two meetings and by using quantitative descriptive method . Data collection techniques derived from observations of teacher and student activities and student learning outcomes dataon the material that has been studied was obtained through a testgivenat the endof eachcycleof learning. The results showed activities of teachers and students are in accordance with specified indicators and student learning outcomes increased 18.92 % from 72.97 % in the first cycle increased become 91,89 % in the second cycle . Thus striped media transparency can improved student outcomes expenditure on material 2nd division multiplication fractions .

Keywords: learning outcomes, completeness, fractional multiplication, division of fractions, and mediatransparency stripes.

Author Biography

Wiwit - Wahyuningdya
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 146