PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IC SDN RANGKAH VI SURABAYA MATERI PENGUKURAN BERAT DENGAN MEDIA BENDA KONKRET

  • Catur - Wulandari

Abstract

Abstrak: Pemahaman siswa dalam pengukuran berat sangat kurang, ini disebabkan karena pembelajaran guru yang bersifat konvensional artinya guru mengajar tidak mengikuti perkembangan tuntutan professional guru masa kini, diantaranya guru tidak menggunakan metode yang bervariatif, guru tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat, serta guru tidak membuat perencanaan yang baik sehingga alur pembelajaran menjadi bias atau tidak jelas, seperti tidak tersedianya kisi–kisi. Akibat dari itu semua berdampak negatif terhadap hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini adalah penelitian awal dan pelaksanaan tindakan. Pada pelaksanaan tindakan terhadap 3 tahapan yang harus dilakukan yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action) dan observasi (observasi) serta (3) refleksi (refleksi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Rangkah VI Surabaya yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajar. Teknik Analisis data yang dilakukan adalah untuk menganalisi hasil observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan hasil belajar dilakukan dengan memberikan latihan soal berupa 10 soal pilihan ganda dan 5 soal isian. Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 68,1% dan siklus II aktivitas guru mencapai 88,9%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 62,5% dan siklus II aktivitas siswa mencapai 87,5%. Data hasil tes siswa pada siklus I mencapai 65% dan siklus II mencapai 82,5%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret gantungan baju pada mata pelajaran matematika kelas I SDN Rangkah VI Surabaya berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai guru

Kata kunci : Media Benda Konkret Gantungan Baju, Hasil Belajar Matematika

Abstract: Students' understanding of the measurement of very less weight, this is because the conventional teacher learning means teachers do not teach teachers keep abreast of the demands of today's professionals, including teachers use varied methods, teachers do not use appropriate learning models, and teachers do not make plans that well so that the flow of learning to be biased or unclear, such as the unavailability of the lattice. It's all a result of a negative impact on student learning outcomes.This research is a class act. The research procedure is early research and implementation of the action. In the implementation of the action against the 3 steps that must be done is (1) planning (planning), (2) the implementation of the action (action) and observation (observation) and (3) reflection (reflection). Subjects in this study were students of class VI IC SDN Rangkah Surabaya consisting of 40 students.Data collection techniques using observational methods teacher and student activities, and achievement test. Data analysis technique is to analyze the results of observations of all teachers and students' activities while learning outcomes by providing exercises conducted in the form of 10 multiple choice questions and 5 questions stuffing. On teacher learning activities increased activity of the first cycle and second cycle. In the first cycle activity reached 68.1% of teachers and teacher second cycle activity reached 88.9%. While the students in the first cycle activity reached 62.5% and the second cycle of student activity reached 87.5%. Test data of students in the first cycle to 65% and the second cycle reaches 82.5%. Based on the description above it can be concluded that learning by using concrete objects media hangers on mathematics classes VI IC SDN Rangkah Surabaya goes well and according to the learning objectives to be achieved teachers.

Keywords: Media Objects, Clothes Hangers Concrete,  Mathematics Learning Outcomes

Author Biography

Catur - Wulandari
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-02-10
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 104