PENERAPAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS I DI SDN SIDOTOPO III/50 SURABAYA

  • Chamidah - -

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media puzzle pada pelajaran IPA dengan pokok bahasan ciri-ciri benda dan manfaatnya. Penggunaan media puzzle dapat mengaktifkan siswa dan membantu siswa dalam memahami pembelajaran didalam kelas. Selama ini siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran IPA. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur pelaksanaan penelitian ini terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu : (1) Perencanaan Tindakan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Sidotopo III/50 Surabaya, yang berjumlah 25 orang siswa, dengan lokasi penelitian di SDN Sidotopo III/50Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi. Dalam hal ini adalah observasi aktivitas guru dan siswa selama proses belajar mengajar di dalam kelas, serta hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyebutkan bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas guru dari pelaksanaan tindakan siklus I ke siklus II.Pada siklus I aktivitas guru mencapai 65 % menjadi 83 % di siklus II, dimana telah terjadi peningkatan sebesar 18 %.Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 63 % menjadi 78% pada siklus II, terjadi peningkatan sebesar 15 %.Demikian pula hasil belajar siswapun mengalami peningkatan. Data hasil test siswapada siklus I , ketuntasan klasikal mencapai 56 % menjadi 92 % pada siklus II, dimana telah terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 36 %. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan menyebutkan bahwa penerapan media puzzle dalam pembelajaran IPA mengenal ciri-ciri benda dan manfaatnya, dapat meningkatkan hasil belajar siswa  kelas 1 di SDN Sidotopo III/50 Surabaya. Hal tersebut dapat disimpulkan dari tercapainya indikator keberhasilan, yaitu ; aktivitas guru mencapai>70 %,  nilai rata-rata kelas mencapai> 70% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar > 70 %, dan kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan tindakan dapat diatasi dengan baik.

Kata Kunci: Media pembelajaran puzzle, hasil belajar siswa.

Abstract: The purpose of this study is to raise studentlearning result by using media in teaching science to the subject matter characteristics and benefits. The use of media puzzle enables students to understand in the classroom learning. This research was an action research class. Implementation procedures of this study consists of 4 (four) stages, namely: (1) Action Plan, (2) Implementation of action, (3) Monitoring, (4) Reflection. The subjects of this study were 25 students of grade 1 SDN Sidotopo III/50 Surabaya, and the research sites in SDN Sidotopo III/50 Surabaya. Data collection techniques used was observation. In this case the activity is the observation of teachers and students during the learning process in the classroom, and student learning outcomes.The study says that there has been an increase in the activity of teacher implementation cycle I to cycle II. In the first cycle of teacher activity reached 65 % to 83 % in the second cycle, which has been increased by 18 %. While the student activity in the first cycle to 63 % to 78 % in the second cycle, an increase of 15 %. Similarly the students increased learning outcomes. Data on test results of students in the first cycle, classical completeness reaches 56 % to 92 % in the second cycle, which has been increased by 36 % classical completeness. Based on the results of Classroom Action Research stated that the application of media puzzle in science learning about the characteristics of objects and benefits, can improve the student learning outcomes in the classroom of grade 1 Sidotopo SDN III/50 Surabaya. It can be inferred from the achievement of the indicators of success, namely, the activity teachers to achieve ≥ 70 %, the average grade is ≥70 % with classical completeness percentage of≥ 70 %, and the constraints that exist in the implementation of the action can be addressedproperly.

Keywords : Media puzzle learning, Student learning results.

 


 

Author Biography

Chamidah - -
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-02-10
Abstract Views: 486
PDF Downloads: 186