PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI PAILKEM METODE GALLERY WALK

  • Diani Riska Sari

Abstract

 

Abstrak: Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa baik kognitif, afektif dan psikomotor serta meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi PAILKEM dengan metode gallery walk. Data penelitian diperoleh dari observasi. Data lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan guru serta untuk mengetahui hasil belajar afektif dan psikomotor selama proses pembelajaran sedangkan data hasil belajar diperoleh dari instrumen tes tulis objektif  yang dianalisis dengan jumlah skor yang diperoleh selama pembelajaran dan disajikan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan strategi PAILKEM dengan metode gallery walk mengalami peningkatan yakni aktivitas siswa dalam siklus I sebesar 68% dan siklus II sebesar 86%, aktivitas guru pada siklus I sebesar 79% dan siklus II sebesar 92%. Pada siklus I hasil belajar kognitif memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 83% dan pada siklus II memperoleh 97%. Hasil belajar afektif pada siklus I memperoleh persentase sebesar 68% dan pada siklus II memperoleh 86%. Untuk hasil belajar psikomotor, pada siklus I memperoleh 69% dan pada siklus II memperoleh 94%.

Kata Kunci: Strategi PAILKEM, metode gallery walk, hasil belajar, pembelajaran IPA.

 

 

Abstract: This research aims to improve student learning results by cognitive, affective and psychomotor as well as increase the activity of students and teachers in learning science by using strategies PAILKEM with gallery walk method. Data were obtained from observations. The data observation sheet observe students and teachers activities and investigate affective and psychomotor learning results during the learning process, while learning results data obtained from objective written test instruments were analyzed by the number of scores obtained during the study and presented in percentages. The results showed that the application of the PAILKEM strategies with gallery walk method, activities of students in the first cycle gained 68% and a second cycle gained 86%, and the activities of the teachers in the first cycle gained 79% and a second cycle gained 92%. In the first cycle of cognitive learning results derive classical completeness by 83% and the second cycle gained 97%. Affective learning results in the first cycle to obtain a percentage of 68% and the second cycle gained 86%. For psychomotor learning results, in the first cycle gained 69% and in the second cycle gained 94%.

Keywords: Strategy PAILKEM, gallery walk method, learning results, learning IPA



Author Biography

Diani Riska Sari
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-02-10
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 118