PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SISWA KELAS I SDN DUPAK V SURABAYA

  • TIWI HARIYATI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Hasil belajar menulis kalimat siswa SDN Dupak V masih rendah dilihat dari ketuntasan belajar. Oleh sebab itu menulis harus dikembangkan dan diupayakan peningkatannya. Rendahnya kemampuan hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis kalimat disebabkan tidak adanya media yang digunakan dalam pembelajaran menulis kalimat. Untuk itu guru harus dapat menumbuhkan potensi siswa di dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Media yang digunakan pada pembelajaran menulis kalimat siswa kelas I SDN Dupak V Surabaya adalah media gambar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini adalah penelitian awal dan pelaksanaan tindakan. Pada pelaksanaan tindakan terdapat 4 tahapan yang harus dilakukan yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi atau evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SDN Dupak V Surabaya yang berjumlah 36 siswa.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar.  Pada kegiatan pembelajaran menulis kalimat dengan penggunaan media gambar persentase keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 100% dengan nilai ketercapaian 52,8 dan pada siklus II persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 100% dengan nilai ketercapaian73,8. Data tes hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata mencapai 63,4 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 65,2% dan pada siklus II nillai rata-rata mencapai 81,7 dengan persentase ketuntasan balajar 84,7%. Adapun kendala-kendala yang muncul pada siklus I diantaranya : kesulitan dalam menentukan gambar dan gambar masih rumit sehingga siswa kesulitan menulis kalimat. Akan tetapi pada siklus II kendala-kendala tersebut telah dapat diatasi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Dupak V Surabaya.

 

Kata kunci: Media gambar, kalimat, kamampuan siswa sekolah dasar

 

Abstract: The advantages of writing statement for the student is still low it can see by the finished of study. Because of this,the ability of write must develop and try to be better. The lower of study for the student on the writing statement lesson it caused by there is not media which it used on the writingstatement lesson. For it the teacher should can be clever to reach the student potency in the teaching learning activities by using the learning media the used of learning media on writing statemen for the first class of SDN Dupak V Surabaya are picture media.The experiment is the class action experiment. The procedure of this experiment is the beginning experiment and the action realization. There are four step in the action realization such as: (1) the action planning, (2) the action realization, (3) observation, and (4) evaluation. The experiment subject are teacher and student of first class SDN Dupak V Surabaya as contains thirty six student. The learning activity on writing statement by using picture media can be improved  and to be letter. On the first circus the percentage of learning realization to be better, if reach 100% with percentage mark can reach about 52,8, and second circus, the percentage of learning realization is reached 100% with percentage mark can reach about 73,8. The advantages test data of student study on the on the first circus the average mark is reached 63,4 with the study finishing about 65,2% and on the second circus the average mark is reached 81,7 with the study finishing about 84,7%. There are many abstactes appear on the first circus such as: the difficult of picture selection dan the confuse of picture it can make student cry difficult to write statement. But on statement the second circus this obstacles have can be handle. From this observation conclude that the use of picture media can improve the adventages of writing statement study for first class SDN Dupak V Surabaya.

Key words: picture media, statement, ability of elementary school  student

Published
2013-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 14