PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN DALAM MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS V SDN PETEMON KOTA SURABAYA

  • Erita Indah Cumalasari

Abstract

Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa kelas V SDN Petemon Kota Surabaya selama mengikuti proses belajar mengajar IPA dengan menggunakan modul pembelajaran dalam model direct instruction, dan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V SDN Petemon Kota Surabaya selama mengikuti proses belajar mengajar IPA dengan menggunakan modul pembelajaran Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data aktivitas pembelajaran guru dan siswa dalam penggunaan modul pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis secara kuantitatif untuk mendapatkan hasil belajar secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam ranah afektif, psikomotorik ataupun kognitif. Untuk hasil belajar afektif rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I sebesar 55% dan siklus II sebesar 81%, sedangkan untuk hasil belajar psikomotorik rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I untuk ketuntasan belajar adalah 61% dan siklus II sebesar 81%, dan untuk hasil belajar kognitif rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I untuk ketuntasan belajar sebesar 55.3% dan rata-rata nilai kelas adalah 68.05. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 84.2% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 78.18. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran dalam model direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelasV SDN Petemon Kota Surabaya.

Kata Kunci: modul pembelajaran, model direct instruction, IPA, hasil belajar.

Abstract: The aim that want to achieved in this research are to describes teacher and fifth grade student activities of SDN Petemon Kota Surabaya during following natural science by applying learning module on direct instruction model , and to describes student Instruction result on fifth grade student of SDN Petemon Kota Surabaya during following natural science by applying Instruction module. This is a class action research (PTK). The type of data that collected in this research are teacher and student learning activities in the utilization of module to increasing science subject learning result. The method of collecting those datas performed by observation method  and test method. Data that have collected will analyzed quantitatively to obtain learning result quantitatively. Research result show that by the utilization of learning module on science subject is able to improve student learning result whether on affective, psychomotor or cognitive areas. For affective learning result the score mean that obtained on first cycle is 55% and on second cycle as big as 81%, while for psychomotor learning result the score mean that obtained on first cycle is 61% and on second cycle as big as 81%,And for cognitive learning result scores mean that obtained on first cycle for learning completeness as big as 55.3% and class score mean is 68.05. on second cycle, student learning completeness achieve 84.2% with class mean score as big as 78.18. Based on this learning result, it can be conclude that the utilization of learning module on direct instruction model is able to improve student learning result on science subject at fifth grade of SDN Petemon Kota Surabaya.

Keywords : learning module, direct instruction model, science subject learning, learning result .

Author Biography

Erita Indah Cumalasari
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-02-10
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 90