PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA HIBURAN

  • Febryana - Widowati

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah adanya rendahnya prosentase hasil belajar pada siswa kelas III SDN Munggut I Padas Ngawi dalam pembelajaran tema hiburan yang ditandai dengan persentase siswa yang belum tuntas memenuhi KKM sebesar 70 sebanyak lebih dari 60%. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan media ular tangga untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam menggunakan media pembelajaran ular tangga, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan media ular tangga. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Munggut I Ngawi yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 45,915% dengan rata-rata nilai ketercapaian sebesar 2,695. Pada siklus II rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan menjadi 87,115% dengan rata-rata nilai ketercapaian sebesar 4,71. Aktivitas siswa siklus I mencapai 46% dengan nilai rata-rata 1,3575. Siklus II mencapai 87,4% dengan nilai rata-rata 4,365. Hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 68,75% dan meningkat pada siklus II sebesar 81,25%. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Munggut I Ngawi.

Kata Kunci: Media Ular Tangga, tema hiburan, hasil belajar.

Abstract: The background of this research was the difficulted of the third A grade students of State Elementary School Munggut I Ngawi in thematic learning which was pointed out by the percentage of students that have not reach the score of  standard minimum which was 70 was more than 60%. The aim of this research are to  describes the learning implementation which used snake ladder media, describes . Students activity implementation which used snake ladder media and describes Student’s test data implementation which used snake ladder meda.. This research used classroom activity research design (CAR). The subject of this research was the teacher and the third A grade students of State Elementary School Munggut I Ngawi which contained 16 students. The data collection technique that used was observation and test. The research’s result showed the average of learning implementation percentage in first cycle  reached 45,915% with the average of achievement score was 2,695. In the second cycle the average of learning implementation percentage  increased to become 87,115% with the average of achievement score was 4,71. Students activity of cycle I reaching 46% and the average value of 1,3575. Cycle II reached 87,4% and the average value of 4,365The student’s score showed the learning thoroughness in the first cycle was 68,75% and increased in the second cycle up to 81,255%. Based on these results, it is recommended for elementary school teachers to try to implement snake ladder media in order to improve student learning outcomes.

Key words: snake ladder media, thematic study entertainment, learning outcomes

Author Biography

Febryana - Widowati
jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-02-10
Abstract Views: 304
PDF Downloads: 542