PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

  • Ida - Sulistyowati

Abstract

Abstrak: Pembelajaran konsep merupakan produk utama pendidikan. Konsep merupakan dasar bagi proses-proses mental yang lebih tinggi untuk merumuskan prinsip-prinsip dan generalisasi-generalisasi, dalam memecahkan masalah yang dihadapi seorang siswa. Namun sebagian siswa kelas V Sekolah Dasar masih mengalami kesulitan dalam pelajaran IPA khususnya pada penguasaan konsep. Nilai yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditetapkan. Untuk itu, penerapan pembelajaran konsep dipilih agar tujuan pembelajaran konsep dapat tercapai dan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk memperoleh data aktivitas guru dan siswa, respon siswa serta hasil belajar siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung, serta tes digunakan untuk mengukur tingkat penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dengan rata-rata sebesar 85%  pada siklus I menjadi 88% pada siklus II yang termasuk kategori baik sekali. Untuk aktivitas siswa dengan rata-rata sebesar 3,73 pada siklus I menjadi 3,85 pada siklus II yang termasuk kategori baiki. Dan respon siswa mengalami peningkatan pada siklus I dengan prosentase 98,4%, sedangkan pada siklus II dengan prosentase 100%. Begitu juga pada tes hasil belajar mengalami peningkatan  pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 81,6%, sedangkan pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 94,7% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran konsep dapat meningkatkan penguasaan konsep pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar

Kata Kunci: Pembelajaran Konsep, Penguasaan Konsep

 

Abstract: Learning the concept of education is the main product. The concept is the basis for mental processes are higher for the formulation of principles and generalizations, in solving the problems faced by a student. But most of fifth grade elementary school students still have difficulty in teaching science in particular the concept of mastery. Values ​​obtained have not reached KKM set. Therefore, the application of learning concepts selected for the purpose of learning the concept can be achieved and can increase students' mastery of concepts. The study design used was action research. Subjects were fifth grade elementary school students, amounting to 38 students. Data collection techniques used to obtain the data are observations of teachers and student activities, student responses and learning outcomes of students during learning activities take place, as well as the tests used to measure student mastery of concepts. The results showed that an increase in activity of teachers with an average of 85% in cycle I to 88% in the cycle II which includes both categories once. For student activities with an average of 3.73 in the first cycle to 3.85 in the second cycle which includes categories repaired. And the response of students has increased in cycle I with a percentage of 98.4%, while in cycle II with the percentage of 100%. So is the achievement test increased in cycle I with a percentage of 81.6% mastery learning, while the cycle II with a percentage of 94.7% mastery learning with excellent category. Based on the above results, we concluded that the application of the concept of learning can improve mastery of concepts in natural science subjects in fifth grade elementary school.

Keywords: Learning Concept, Concept Mastery

Author Biography

Ida - Sulistyowati
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-02-01
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 35