UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS I SD PUTRA INDONESIA KECAMATAN GUNUNGANYAR KOTA SURABAYA

  • TUTIK INDAWATI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang benda langit yang paling pokok adalah kemampuan pemahaman konsep. Karena kemampuan pemahaman konsep benda langit yang dikuasai siswa merupakan dasar untuk mengerjakan soal-soal IPA pada materi tentang benda langit. Pendekatan pembelajaran yang direncanakan oleh guru yaitu pendekatan kontekstual , yang dapat menarik minat belajar siswa, karena merupakan hal yang baru bagi siswa, siswa lebih aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pendekatankontekstual untuk meningkatkan kemampuan menentukan benda langit  pada anak kelas I SD di SD Putra Indonesia Gununganyar Surabaya, mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas I SD Putra Indonesia Gununganyar Surabaya. Metode yang digunakan adalah deskripsif kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan melalui empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya sebanyak dua pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke  siklus II  yaitu ; Aktivitas guru sebesar 61% menjadi  92,5%. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 68,5% menjadi  86%. Peningkatan hasil belajar siswa   pada siklus I sebesar 66% menjadi  88%. Pada siswa kelas I SD Putra Indonesia Gununganyar  Surabaya.

 

Kata Kunci: Pendekatan pembelajaran kontekstual, Ilmu Pengetahuan  Alam,benda langit

 

Abstract: In the Natural Sciences learning about celestial bodies is the ability of understanding the most basic concepts. Because of the ability of understanding the concept of celestial bodies controlled by the students was the basis for work on the problems in the material science of celestial objects. Learning approach planned by the teacher that the contextual approach, which can attract student interest, because it is a new thing for students, more active and enthusiastic students in the learning process.The purpose of this study was to describe the activities of teachers and students in pendekatan kontekstual to improve the ability to determine the class of celestial bodies in children in elementary school I Gununganyar Putra Indonesia Surabaya, described the students' grade I Gununganyar SD Putra Indonesia Surabaya.The method used is quantitative deskripsif using action research design, conducted through four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The research was carried out by two cycles, and each cycle by two meetings. Data were obtained from the observation of the activities of teachers and students, tests and documentation.The results showed an increase from cycle I to cycle II, namely: teacher activity by 61% to 92.5%. Increased activity of students in the first cycle is 68.5% to 86%. Improved student learning outcomes in the first cycle of 66% to 88%. In grade school I Gununganyar Putra Indonesia Surabaya.

Keywords: contextual learning approach, the Natural Sciences, celestial objects

 

Published
2013-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 84