PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD HANG TUAH 3 SURABAYA

  • Lasmiati - -

Abstract

 

Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalahmendeskripsikan gambar yang telah tersedia untuk meningkatkan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Hang Tuah 3 Surabaya, menentukan judul yang tepat pada penulisan deskripsi dalam penggunaan media gambar di kelas IV SD Hang Tuah 3 Surabaya, hambatan-hambatan yang muncul dan cara mengatasinya pada pengunaan media gambar dalam pembelajaran menulis deskripsi di kelas IV SD Hang Tuah 3 Surabaya.Teknik pengambilan data yang digunakan adalah pemberian tes, yang dilakukan 2 kali tes dan observasi. Analisis data hasil belajar atau prestasi siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 68,41% menjadi 72% pada siklus II. Peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 3,59%. Sedangkan analisis data hasil observasi guru juga mengalami kenaikan dari 81% menjadi 96%, aktifitas siswa mengalami kenaikan dari 63% menjadi 84%.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar. Jadi, pada penelitian ini penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Hang Tuah 3 Surabaya.

Kata Kunci: menulis, deskripsi, media gambar

 

Abstract: This study aimed to describe the use of media images to enhance the students write a description of rhe class IV SD Hang Tuah 3 Surabaya, (2) Describe the results of learning to write a description of the students in the use of media images in class IV SD Hang Tuah 3 Surabaya, (3) Describe the barriers that arise and how to overcome the use of media images in learning to write a description of the class IV SD Hang Tuah 3 Surabaya.The method used is the method of testing, done with 2 times the test, methods of observation and questionnaire methods (questionnaires). Data Analysis learning outcomes or student achievement show improvement from the first cycle of 68,41% to 72% on the second cycle. The increase from cycle I to cycle II is 3,59%. While the data analysis result of observation of teachers also increased from 81% to 96%, the observation of students also increased from 63% to 84%.The result showed an increase in the average value of student learning outcomes from learning to write a description by using the media image. So, in this study the use of media images can improve the ability to write a description on SD Hang Tuah Grade 3 Surabaya.

Keywords: writing, description, media images.

Author Biography

Lasmiati - -
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-02-10
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 11