PENGGUNAAN MEDIA BUKU TEMPEL DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB SEKOLAH DASAR

  • Nindya Okki Ariayani

Abstract

Abstrak: Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada materi perkembangan teknologi. Ditemukan masalah yaitu guru tidak menggunakan media apapun sehingga siswa kurang bisa memahami materi yang diajarkan oleh guru yaitu perkembangan teknologi produksi, perkembangan teknologi komunikasi dan perkembangan teknologi transportasi. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan media buku tempel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa ketika menggunakan media buku temple. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini guru dan Siswa Kelas IVB Semester II di SDN Geluran I Taman-Sidoarjo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 34 siswa dengan jumlah laki-laki 16 dan perempuan 18. Dalam hal ini, peneliti menggunakan teknik analisis data dengan cara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar tes dan pedoman wawancara. Dari hasil Penelitian pada materi perkembangan teknologi menggunakan media buku tempel menunjukkan bahwa adanya ketercapaian hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus III, pada temuan awal memperoleh 29,41%, pada siklus I memperoleh 44,11%, pada siklus II memperoleh 58,82% dan pada siklus III meningkat menjadi 85,29%. Dan peningkatan aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh 59,375%, pada siklus II memperoleh 71,875% dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 83,92%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media buku tempel dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi disarankan guru menggunakan media buku tempel karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Model Pembelajaran, Hasil Belajar, IPS

 

Abstract: The background of this study is the low learning outcomes in material technology development. Found the problem that the teacher does not use any media that students are less able to understand the material being taught by a teacher that is the development of production technology, the development of communication technology and the development of transportation technology. One way to overcome this is to use the media scrapbook. The purpose of this study was to describe the activity of the teacher, student activities and student learning outcomes when using media scrapbook. This study Clas Action Research (CAR) using the technique of quantitative descriptive research design conducted in three cycles. Subjects in the study of teachers and students in the second semester at Grade IVB Geluran I primary school Taman - Sidoarjothe Academic Year 2012/2011, amounting to 34 students by the number of men 16 and women 18. In this case, researchers used data analysis techniques by means of quantitative and qualitative descriptive. Data collection instrument in this study using observation sheets, sheet test  and interview guides. From the results of research on materials of technological development using scrapbook media indicate that the presence of the achievement of student learning outcomes from the first cycle to cycle III , the initial findings gained 29.41 % , in the first cycle gained 44.11 %, the second cycle gaining 58.82 % and in the third cycle increased to 85.29 %. And increased activity in the implementation of learning teachers acquire 59.375 % first cycle, the second cycle acquire 71.875 % and the third cycle increased to 83.92 %. From these results indicate that social studies learning by using media scrapbook can improve student learning outcomes. Therefore, to improve student learning outcomes in the development of materials technology teacher suggested using the media scrapbook because it can improve student learning outcomes.

Keywords: Learning Media , Direct Learning , Learning Outcomes , Social Studies.

Author Biography

Nindya Okki Ariayani
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-02-10
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 2066